Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi Ovo Terhadap Kepuasan Pelanggan

Sofia Umaroh, Rini Rindiyani, Muhammad Ridwan Prasetyo

Sari


ABSTRAK
Rekayasa Hijau: Teknologii sudah sangat berkembang pesat untuk mendorong persaingan dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah bisnis berbasis teknologi digital dalam bidang keuangan atau Financial Technology (Fintech). OVO merupakan Fintech yang bergerak di sektor dompet digital (E-wallet). Dengan banyaknya pengguna OVO, maka kualitas sistem dan kepuasan pengguna harus sangat diperhatikan oleh OVO sendiri agar pengguna dapat merasakan kepuasan setiap menggunakan layanan dari OVO. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa perguruan tinggi teknologi pengguna OVO dengan minimal 58 responden dari 52 responden berdasarkan referensi Statistical Power dari Cohen dengan jumlah 2 arah panah, significance level 5% dan minimum R2 0,25. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala linier dengan skala 4. Artinya, 4 = sangat setuju, 3 = setuju, 2 = tidak setuju, dan 1 = sangat tidak setuju. Data responden dianalisis menggunakan metode SEM-PLS. Kemudian dilakukan tahap pengujian validitas dan reliabilitas dengan indicator reliability, internal consistency reliability, convergen validity, dan discriminan validity. Pada tahap pengujian validitas dan reliabilitas terdapat indikator yang tidak valid atau reliabel yaitu pada indikator X1.6. Lalu dilakukan analisis multivariate antar konstruk dengan menggunakan pengujian coefficients of determinaton (R2), pengujian ukuran efek (f2), dan uji hipotesis. Pada analisis ini dilakukan dua kali iterasi dimana pada iterasi pertama pada tahap uji hipotesis, hanya hipotesis 2 yang diterima sedangkan hipotesis 1 ditolak. Namun, pada iterasi kedua yang dilakukan dengan menghapus indikator X1.6, hipotesis 1 dan hipotesis 2 diterima.

Kata kunci: E-Wallet, Kualitas Sistem, Kepuasan Pelanggan, OVO, SEM-PLS

ABSTRACT
Technology has developed rapidly to encourage competition in the business world. One of them is a digital technology-based business in the financial sector or Financial Technology (Fintech). OVO is a Fintech engaged in the digital wallet (E-wallet) sector. With so many OVO users, the quality of the system and user satisfaction must be paid close attention to by OVO itself so that users can feel satisfaction every time they use services from OVO. The data used in this study are primary data obtained from questionnaires distributed to college students using OVO technology with a minimum of 58 respondents out of 52 respondents based on Cohen's Statistical Power reference with a total of 2 arrow directions, a significance level of 5% and a minimum R2 of 0, 25. The measurement scale used is a linear scale with a scale of 4. That is, 4 = strongly agree, 3 = agree, 2 = disagree, and 1 = strongly disagree. Respondent data was analyzed using the SEM-PLS method. Then carried out the validity and reliability testing phase with reliability indicators, internal consistency reliability, convergent validity, and discriminant validity. In the validity and reliability testing stage, there are indicators that are not valid or reliable, namely indicator X1.6. Then a multivariate analysis between constructs was carried out by using the coefficients of determinants (R2) test, effect size test (f2), and hypothesis testing. In this analysis two iterations were carried out where in the first iteration at the hypothesis testing stage, only hypothesis 2 was accepted while hypothesis 1 was rejected. However, in the second iteration which was carried out by removing the X1.6 indicator, hypothesis 1 and hypothesis 2 were accepted.

Keywords: E-Wallet, System Quality, Customer Satisfaction, OVO, SEM-PLS


Kata Kunci


E-Wallet; System Quality; Customer Satisfaction; OVO; SEM-PLS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P. Gomber, J.-A. Koch, and M. Siering, “Digital Finance and FinTech: current research and future research directions,†Journal of Business Economics, vol. 87, no. 5, pp. 537–580, 2017, doi: 10.1007/s11573-017-0852-x.

F. S. Gosta, D. R., Utami, D. N., & Dewi, “Presiden direktur PT Visionet internasional (ovo), Adrian Suherman : ‘jangan bersaing, mending kerja sama’.,†Bisnis.com, 2018. https://surabaya.bisnis.com/read-/20180607/250/803752/presiden-direktur-pt-visionet-inter-nasional-ovo-adrian-suherman-jangan-bersaing-mending-kerja-sama

K. Alazemi and F. Sh. Ahmad, “Establishing the validity and reliability of Kuwait resources of nation branding model,†International Journal of Society Systems Science, vol. 12, no. 1, p. 51, 2020, doi: 10.1504/ijsss.2020.10028747.

A. Adil, M. Syamsun, and M. Najib, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Biaya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien RSUD Kota Bogor,†vol. 432, no. September, 2016.

A. Arfian, D. Mustomi, J. Siregar, and A. A. Yana, “Tingkat Kepuasan Layanan Custumer Service Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Pt Tritana Dengan Pls-Sem,†Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 5, no. 1, p. 89, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i1.453.

R. Hamdollah and P. Baghaei, Partial least squares structural equation modeling with R, vol. 21, no. 1. 2016.

N. S. Ula, “Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen Ovo,†Jurnal Manajemen, vol. 11, no. 1, pp. 54–63, 2021, doi: 10.26460/jm.v11i1.2168.

A. R. Pambudi, “Analisa Perceived Ease Of Use dan Perceived Usefulness terhadap Behavior Intention pada Aplikasi Digital Payment OVO,†Jurnal Strategi Pemasaran, vol. 6, pp. 1–10, 2019.

A. D. Nurhalim, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pengguna OVO pada Grab,†Bina Manjemen, vol. 8, pp. 58–73, 2019.




DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v7i1.49-60

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id


Terindeks:

   


 STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
 

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License