Penyelesaian Multiple Trip Heterogeneous Fix Fleet Vehicle Routing Problem (MTHFFVRP) Menggunakan Algoritma Sweep untuk Mendapatkan Optimasi Rute Distribusi LPG 3 kg di PT. Gending Gemilang

Arief Irfan Syah Tjaja, Farisin Saiful

Sari


ABSTRAK

Distibusi merupakan suatu kegiatan menyalurkan produk dari satu tempat ke tempat lainnya. PT. Gending Gemilang merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang distributor Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg, setiap harinya perusahaan diharuskan untuk memenuhi permintaan ke 29 pangkalan yang dimiliki perusahaan. Perusahaan memiliki 2 jenis armada yaitu truk sebanyak 4 unit dan L300 sebanyak 3 unit dengan kapasitas setiap jenis armada berbeda beda dan setiap pangkalan memiliki alamat yang berbeda sehingga permasalahan penentuan rute masuk kedalam Multiple Trips Heterogeneous Fix Fleet Routing Problem (MTHFFVRP). Salah satu penentuan rute yang mampu meminimumkan ongkos pengirimanan adalah dengan menggunakan algoritma sweep, algoritma ini bekerja dengan cara melakukan proses clustering berdasarkan urutan sudut polar setiap pangkalan, pada penelitian ini jenis algoritma sweep yang digunakan adalah backward sweep sehingga untuk pembuatan cluster dimulai dari pangkalan yang memiliki sudut polar terbesar menuju pangkalan yang memliki sudut polar terkecil. Dari hasil penelitian menunjukan pembuatan rute menggunakan algoritma sweep mampu melakukan penghematan secara signifikan terhadap rute perusahaan saat ini

Kata kunciDistribusi, Vehicle Routing ProblemMultiple Trips Heterogenous Fix Fleet Routing Problem (MTHFFVRP),  Algoritma sweep

 

ABSTRACT

Distribution is an activity to distribute products from one place to another. PT. Gending Gemilang is a company engaged in the distribution of 3 kg of liquefied petroleum gas or it can be called (LPG) 3 kg, every day the company is required to fulfill requests from 29 bases owned by the company. The company has 2 types of fleets, namely 4 unit trucks and 3 unit L300  with different capacities for each type of fleet and each base has a different address so that the problem of determining routes enters the Multiple Trips Heterogeneous Fix Fleet Routing Problem (MTHFFVRP). Determination to minimize the shipping cost of the route used is the sweep algorithm, this algorithm works to carry out the clustering process based on the order of the polar angles of each base, in this study the type of sweep algorithm used is backward sweep so that clustering starts from the base with the largest polar angle towards the base that has the smallest polar angle. The research results show that route creation using the sweep algorithm is able to make significant savings on current company routes

KeywordsDistribution; Vehicle Routing Problem; Multiple Trips Heterogenous Fix Fleet Routing Problem (MTHFFVRP); Sweep Algorithm


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Toth, P. & Vigo, D. (2002). The Vehicle Routing Problem, Society for Industrial and Applied Mathematics, Second Edition. Philadelphia: SIAM.

Gitiza Erwitie. (2020). Perencanaan Rute Distribusi Bantuan Bencana Tsunami Di Kota Padang dengan Multi-Trip Heterogeneous Fixed Fleet Vehicle Routing Problem (MTHFFVRP) Berdasarkan Geographic Information System (GIS). Jakarta : Universitas Pertamina.

Arunya Boonkleaw, S. Suthikannarunai, & R. Srinon. (2009). Strategic Planning and Vehicle Routing Algorithm for Newspaper Delivery Problem: Case Study of Morning Newsppaper, Bangkok, Thailand. Proceeding of the World Congress on Engineering and Computer Science, Sanfranciso, USA. Vol. 2

Pujawan, I., N., & Mahendrawathi. (2017). Supply Chain Management, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Sandy Satria (2016). Analisis Rantai Distribusi Komoditas Padi dan Beras di Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Sumedang. Bandung : Universitas Pasundan

Risky Sarasvati. (2017). Penyelesaian Capacitated Routing Problem (CVRP) Menggunakan Algoritma Sweep Untuk Penentuan Rute Distribusi Koran. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Ramayanti Rizka. (2019). Penerapan Algoritma Sweep untuk Penyelesaian Open Vehicle Routing Problem pada Kasus Distribusi Produk. Jember : Universitas Jember

Raden A. Laksono. (2015). Analisi Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan Tingkat Okupansi Angkutan Taksi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya




DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v5i2.150-164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id


Terindeks:

   


 STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
 

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License