Analisa Bentuk Foil pada Kapal Hydrofoil Supported-Catamaran (Hysucat)
Sari
ABSTRAK
Kapal katamaran yang terintegrasi dengan foil bertujuan untuk menghasilkan performance lebih baik. Hydrofoil Supported-Catamaran (Hysucat) merupakan kapal katamaran yang dirancang untuk kecepatan tinggi menggunakan foil. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan metode numerik untuk mempresentasikan aliran fluida menggunakan RANS (Reynolds-Averaged Navier-Stokes). Aliran fluida pada penelitian ini menggunakan dua fasa yaitu air dan udara untuk menganalisis hambatan dan gaya angkat kapal katamaran yang telah dimodifikasi menjadi hysucat. Hysucat pada penelitian ini dibedakan oleh tiga macam bentuk foil yaitu lurus, sweep belakang dan sweep depan dengan tambahan variasi pada chord line dan sudut serang foil. Penambahan foil pada penelitian ini memberikan informasi bahwa hysucat dengan bentuk foil sweep belakang chord line 1.2 dan AOA(sudut serang) 0º mengurangi hambatan kapal sebesar 21% dari hambatan kapal katamaran tanpa foil. Gaya angkat tertinggi dihasilkan hysucat dengan bentuk foil sweep belakang chord line 1 dan AOA (sudut serang) 0º sehingga bentuk foil yang direkomendasikan untuk digunakan adalah sweep belakang.
Kata kunci: hysucat, hambatan, gaya angkat, foil, CFD
ABSTRACT
Catamaran hull-form using foil aims to produce better performance. Hydrofoil Supported-Catamaran (Hysucat) is a catamaran which is designed for high-speed craft using foil. This research was conducted with a numerical method approach to present fluid flow using RANS (Reynolds-Averaged Navier-Stokes). The numerical method uses two phases, namely water phase, and air phase to analyze catamaran hull-form, which have been modified being hysucat. Hysucat is distinguished by three types of foil form namely straight foil, backward sweep foil, and forward sweep foil with additional variations in chord line and angle of attack (AOA). The addition of foil in this study provides information that hysucat with backward foil, chord line 1.2, and AOA 0º reduce ship resistance by 21% from catamaran resistance without foil. The highest lift force is produced by hysucat with backward foil, chord line 1 and AOA 0º so that foil form which is recommended to be used is backward sweep foil.
Keywords: hysucat, resistance, lift force, foil, CFD
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Najafi, H. Nowruzi, and H. Ghassemi, “Performance prediction of hydrofoil- supported catamarans using experiment and ANNs,†Appl. Ocean Res., vol. 75, pp. 66–84, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.apor.2018.02.017.
K. G. W. Hoppe, “U . S . Patent Aug 11 , 1987,†1987.
R. Y. Dikantoro and I. K. Suastika, “Analisis Hambatan Penggunaan Hydrofoil pada Katamaran Menggunakan CFD,†J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018.
A. Bramantiko, “Analisa dan Optimasi dari Hydrofoil Supported Catamaran (Hysucat) dengan Ukuran 25 Meter Menggunakan Metode CFD,†Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2015.
Samuel, M. Iqbal, and I. K. A. . Utama, “An Investigation Into the Resistance Components of Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,†Int. J. Technol., pp. 432–441, 2015.
Samuel, D. J. Kim, M. Iqbal, A. Bahatmaka, and A. R. Prabowo, “Modification of traditional catamaran to reduce total resistance: configuration of centerbulb,†Marit. Transp. Harvest. Sea Resour., vol. 1, no. April 2020, pp. 541–546, 2016.
G. Migeotte and K. G. Hoppe, “Developments in Hydrofoil Assistance for Semi-Displacement Catamarans,†in FAST 1999, 5th Internatinal Conference on Fast Sea Transportation, 1999.
K. G. W. Hoppe, “The Hysucat Development,†1989.
A. S. Slamet and K. Suastika, “Kajian Eksperimental Pengaruh Posisi Perletakan Hydrofoil Pendukung Terhadap Hambatan Kapal,†J. Tek. ITS, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2012.
M. Insel and A. F. Molland, “An Investigation Into Resistance Components of High Speed Displacement Catamarans,†RINA, vol. 134, no. 1, pp. 1–20, 1992.
ITTC, “Resistance, Uncertainity Analysis, Example for Resistance Test,†2002, pp. 1–17.
D. Ade et al., “Analysis of Swept Main Foil’s Angle Change Againts Lift & Resistance on Hydrofoil Supported Catamaran (Hysucat),†vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2020.
Winda and Wet, “NACA 63(1)-412 AIRFOIL,†2020. http://airfoiltools.com/airfoil/details?airfoil=n63412-il.
ITTC, “Practical Guidelines for Ship CFD Applications,†in ITTC – Recommended Procedures and Guidelines ITTC, 2014, pp. 1–8.
I. H. Abbott and A. E. Von Doenhoff, Theory of wing sections. New York: General Publishing Company, Ltd, 1959
A. Jamaluddin, I. K. Pria, and A. Hamdani, “Kajian Interferensi Koefisien Hambatan pada Lambung Katamaran melalui Komputasi ’Slender Body Method,†Kapal, vol. 7, no. 2, pp. 1–1, 2012, doi: 10.12777/kpl.7.2.
Samuel, A. Trimulyono, and A. W. B. Santosa, “Simulasi CFD pada Kapal Planing Hull,†Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 16, no. 3, pp. 123–128, 2019, doi: 10.14710/kapal.v16i3.26397.
DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v4i3.145-156
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Alamat redaksi dan tata usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id
Terindeks:
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.