Analisis Nilai Carbon Footprint Kendaraan Bermotor di UIN Raden Intan Lampung

Indah Marlina Ardianti, Agis Triyana, Suci Wulan Pawhestri, Della Andandaningrum

Sari


Abstrak

Peningkatan populasi mahasiswa yang pesat di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam aktivitas kendaraan bermotor di kampus, yang berkontribusi pada peningkatan jejak karbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur jejak karbon yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor di dalam lingkungan universitas. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data primer dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap pergerakan kendaraan. Analisis dilakukan berdasarkan Panduan UI Greenmetric untuk memperkirakan jejak karbon. Data volume kendaraan dicatat selama periode tujuh hari, dari Senin hingga Minggu, dengan hari Selasa sebagai puncaknya dengan 8.736 kendaraan, sementara Minggu menunjukkan volume terendah dengan 2.382 kendaraan. Jejak karbon mencapai puncaknya pada hari Selasa sebesar 884,26 metrik ton, berbeda dengan nilai terendah pada hari Minggu sebesar 58,53 metrik ton. Terdapat korelasi langsung antara volume kendaraan dan nilai jejak karbon, yang menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kendaraan di kampus mengakibatkan emisi karbon yang lebih tinggi. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan kebijakan transportasi berkelanjutan untuk mengurangi jejak karbon dan mempromosikan keberlanjutan lingkungan di universitas.

Kata kunci: carbon footprint, kendaraan bermotor, UI green metric, transportasi berkelanjutan, kampus hijau 

Abstract

The rapid increase in the student population at the State Islamic University of Raden Intan Lampung has led to a significant rise in motor vehicle activity on campus, contributing to an elevated carbon footprint. This study aims to quantify the carbon footprint produced by motor vehicles within the university grounds. Employing a quantitative descriptive methodology, primary data was collected through direct observation of vehicle movements. The analysis followed the UI Greenmetric Guideline for estimating carbon footprints. Data on vehicle volumes were recorded over a period of seven days, from Monday to Sunday, identifying Tuesday as the peak day with 8,736 vehicles, while Sunday showed the lowest volume with 2,382 vehicles. The carbon footprint peaked on Tuesday at 884.26 metric tons, contrasting with the lowest value on Sunday at 58.53 metric tons. A direct correlation was observed between vehicle volume and carbon footprint values, highlighting that an increase in vehicle numbers on campus results in higher carbon emissions. This study underscores the necessity for implementing sustainable transportation policies to mitigate the carbon footprint and promote environmental sustainability within the university.

Keywords: carbon footprint, motor vehicle. UI greenmetric, sustainable transportation, green campus


Kata Kunci


carbon footprint, kendaraan bermotor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Asano, Y. Kojima, C. Kato, And K. Kamiya, “Climate Change Impacts On Soil Moisture And Temperature In The Plain And Mountainous Regions Of Gifu Prefecture, Japan,” Iop Conf. Ser. Earth Environ. Sci., Vol. 1165, No. 1, P. 012045, Apr. 2023. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/1165/1/012045

L. Macheka, T. Mudiwa, P. Chopera, A. Nyamwanza, And P. Jacobs, “Linking Climate Change Adaptation Strategies And Nutrition Outcomes: A Conceptual Framework,” Food Nutr. Bull., Vol. 43, No. 2, Pp. 201-212, Jun. 2022. Https://Doi.Org/10.1177/03795721221078362

A. Mahmoudnia, “The Role Of Pfas In Unsettling Ocean Carbon Sequestration,” Environ. Monit. Assess., Vol. 195, No. 2, P. 310, Feb. 2023. Https://Doi.Org/10.1007/S10661-023-10912-8

Ansori And D. Wahyudin, “Upaya Penurunan Emisi Grk Melalui ‘Green Building’,” Green Build., Vol. 7, No. 1, 2020.

H. Liu, T. Hu, And M. Wang, “Impact Of Air Pollution On Residents’ Medical Expenses: A Study Based On The Survey Data Of 122 Cities In China,” Front. Public Health, Vol. 9, P. 743087, Dec. 2021. Https://Doi.Org/10.3389/Fpubh.2021.743087

R. A. Silva Et Al., “The Effect Of Future Ambient Air Pollution On Human Premature Mortality To 2100 Using Output From The Accmip Model Ensemble,” Atmospheric Chem. Phys., Vol. 16, No. 15, Pp. 9847-9862, Aug. 2016. Https://Doi.Org/10.5194/Acp-16-9847-2016

M. Afifullah And I. Triadi, “Peluang Dan Tantangan Manfaat Cash Waqf Linked Deposit Pada Sektor Hijau Dalam Hukum Lingkungan Indonesia.”

T. Firdaus And A. S. Anggara, “Perspektif Intelijen: Analasis Menghadapi Tantangan Mewujudkan Sdgs Pada Sektor Lingkungan Hidup Di Indonesia,” Vol. 6, No. 1, 2023. Https://Doi.Org/10.7454/Jkskn.V6i1.10071

M. Kumaat, “Transportasi Dan Polusi Pada Kawasan Pendidikan,” Vol. 10, No. 57, 2012.

J. Samidjo And Y. Suharso, Memahami Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim, 2017.

A. V. Vitianingsih, R. A. Ramadhan, A. L. Maukar, E. W. Puspitarini, And Y. Susilo, “Analisa Spasial Menggunakan Sistem Informasi Geografis Untuk Identifikasi Penyerapan Ruang Terbuka Hijau Terhadap Emisi Karbondioksida,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. Janapati, Vol. 10, No. 2, P. 91, Jul. 2021. Https://Doi.Org/10.23887/Janapati.V10i2.30007

D. Rosadi, R. Saily, Z. Zaiyar, And U. Jusi, “Identifikasi Jejak Karbon Skala Rumah Tangga Sebagai Upaya Mengatasi Perubahan Iklim,” Indones. J. Constr. Eng. Sustain. Dev. Cesd, Vol. 5, No. 2, Pp. 15-23, Dec. 2022. Https://Doi.Org/10.25105/Cesd.V5i2.15629

A. C. Kaparang, I. R. Mangangka, And H. Riogilang, “Penanganan Emisi Co2 Dari Berbagai Jenis Kendaraan Bermotor Di Desa Tumpaan,” Vol. 21, No. 85, 2023.

B. P. Purwanto, “Inventarisasi Emisi Sumber Bergerak Di Jalan (On Road) Kota Denpasar,” Ecotrophic J. Ilmu Lingkung. J. Environ. Sci., Vol. 9, No. 1, P. 1, May 2015. Https://Doi.Org/10.24843/Ejes.2015.V09.I01.P01

R. Z. Akbar, “Analisis Tingkat Pencemaran Udara Kendaraan Bermotor Di Area Parkir Selatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” Media Ilm. Tek. Lingkung., Vol. 8, No. 1, Pp. 25-33, Mar. 2023. Https://Doi.Org/10.33084/Mitl.V8i1.4680




DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v9i2.102-112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional
Fakultas, gedung 14 Lantai 3
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: hrekayasa@itenas.ac.id


STATISTIK PENGUNJUNG
Flag Counter
 

Lihat Statistik

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License