Studi Perilaku Adaptif Penghuni Melalui Metode Building Performance Evaluation Studi Kasus di Perumahan Kalijati Indah Bandung

Andika Dwicahyo Aribowo

Sari


Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan suatu fenomena pertumbuhan rumah yang seringkali terjadi pada lingkungan perumahan dari aspek perilaku penghuninya, dengan menitik beratkan pada hubungan antara aktivitas manusia dengan ruang yang menjadi tempatnya beraktivitas di dalam rumahnya. Premis dasar pada penelitian ini ialah aktivitas penghuni mempengaruhi perubahan rumahnya, maka penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan meneliti; tahap pertama penelitian ini mencari data yang berkaitan dengan persepsi penghuni; tahap kedua bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas penghuni dan setting perilaku. Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas penghuni tidak mempengaruhi perubahan rumah secara signifikan, dimana aktivitas penghuni hanya menunjukkan sifat ruang yang dilandasi oleh suatu kebutuhan penghuni. Secara umum hasil penelitian juga menyatakan bahwa pola aktivitas penghuni menunjukkan suatu proses untuk memperoleh aspek privasi sebesar mungkin sesuai dengan apa yag dikehendaki.

Kata kunci: adaptasi, aktivitas, hunian, perilaku, persepsi, privasi, ruang

 

AbstraCT

 

This study attempts to describe a house growth phenomena which is often occurs on housing environment, through occupants’ behavioural aspects by emphasizing on the relationship between occupants’ activities with spaces which become the places to do their activities on their own houses. Basic premise of this study is those occupants’ activities affect changes on the houses. The result of the study stated that occupants’ behaviours do not significantly affect the house change. Activities merely show the nature of spaces which are based on occupants’ needs. Generally, this study also describes ongoing adaptation pattern which outlines the purpose of design is actually to give everyone privacy as much possible as they want.

Keywords: adaptation, activity, occupancy, behaviour, perception, privacy, space


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.