Identifikasi Ketersediaan dan Kesesuaian Feeder di Kawasan Pemukiman Bandung Timur (Studi Kasus SWK Gedebage dan SWK Kordon)

Sony Herdiana, Mughni Syihan Firdaus

Abstract


ABSTRAK

Sistem feeder merupakan sistem transportasi yang bertujuan untuk melayani bagian kota yang berada di luar jangkauan moda transportasi utama. Sistem feeder dirancang untuk dapat digunakan pada kawasan permukiman menuju koridor jalan utama sehingga menciptakan hierarki sistem transportasi umum yang lebih baik antara moda utama, moda cabang, dan moda pengumpan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ketersediaan dan kesesuaian feeder dalam sistem transportasi di Kawasan Permukiman Bandung Timur sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan integrasi transportasi dan mengurangi permasalahan kemacetan lalu lintas di Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran di mana pendekatan dilakukan dengan cara mengombinasikan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa pada kawasan permukiman di Bandung Timur terdapat tiga jenis moda angkutan yang beroperasi dengan fungsi feeder yaitu becak, ojek, dan angkot yang tersebar di 10 titik lokasi penelitian dengan tingkat kesesuaian terhadap karakteristik feeder yang berbeda.

Kata kunci: Sistem Feeder, Transportasi, Permukiman

ABSTRACT 

Feeder system is a system transportation that aims to serve parts of the city that are outside the reach of the main transportation modes. Feeder system designed to be used in residential areas leading to the main road corridor so as to create a better public transportation system hierarchy between the main modes, branch modes and feeder modes. The purpose of this study is to identify the availability and suitability of the feeder in the transportation system in the East Bandung Settlement Area as one of the efforts to improve transportation integration and reduce traffic congestion problems in the city of Bandung. The analytical method used in this study is a mixed method in which the approach is carried out by combining qualitative analysis and quantitative analysis. Based on the results of the analysis that has been done, it can be seen that in residential areas in East Bandung there are 3 types of feeder system that operate, namely pedicabs, motorcycle taxis, and public transportation (angkot) which are spread in 10 research location points with 3 levels of conformity to the characteristics of feeders.

Keywords: Feeder System Feeder, Transportation, Settlement



Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2019). Kota Bandung Dalam Angka 2019. Bandung: BPS Kota Bandung.

Creswell, J. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.

Departemen Perhubungan. (2012). Ringkasan Eksekutif Studi Upaya Pengembangan Feeder Bagi Transportasi Massal di Perkotaan. Studi Upaya Pengembangan Feeder Bagi Transportasi Massal di Perkotaan.

Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Steijn, J. v. (2014). Creating Feeder Bus Lines for Transjakarta BRT. University of Twente.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatf, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susantoro, B., & Parikesit, D. (2004). 1-2-3 Langkah : Langkah Kecil yang Kita Lakukan Menuj Transportasi yang Berkelanjutan. Majalah Transportasi Indonesia, 89-95.

Vega, J. M. (2015, January 21). Take Up Seminar 1 Feeder System. Krakow, Poland.

Verma, A., & Ramanayya, T. (2015). Public Transport Planning and Management in Developing Countries. CRC Press.

Whitney. (1960). The Element of Resert (Asian Eds ed.). Osaka: Overseas Book Co.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________

Indexed by:

____________________________________________________________

Published by :

Urban and Regional Planning Program Institut Teknologi Nasional Bandung

Address : PHH. Mustofa No. 23 Bandung 40124

Contact : Phone 7272215 Fax 7202892

Email : rekaloka@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Free counters!

View My Statistics

This journal is licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License