Lokakarya Guru SMA Tentang Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Flip Book

Yaspin Yolanda, Andriana Sofiarini, Candres Abadi

Sari


 

 ABSTRAK 

Ditemukan permasalahan guru-guru mitra di wilayah Kabupaten Musirawas Utara Sumatera Selatan yang mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu masih minimnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid, asesmen diagnosis dan minimnya pengalaman guru menggunakan aplikasi flif book. Berdasarkan hal tersebut, tim Abdimas berupaya memfasilitasi para guru melalui lokakarya yang dilaksanakan selama Januari s.d Februari 2023 di Aula Handayani Universitas PGRI Silampari. Bentuk lokakarya berupa penyampaian materi dengan melibatkan peserta dalam diskusi di Break Our Room untuk menghasilkan produk modul ajar kurikulum merdeka. Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 30 peserta yang mewakili masing-masing sekolah di wilayah Kabupaten Musirawas Utara. Selanjutnya tim PKM menyiapkan instrumen pre-post-test untuk mengukur ketercapaian materi. Hasil kegiatan lokakarya guru tentang penyusunan modul ajar berdiferensiasi sesuai kurikulum merdeka menunjukkan bahwa rata-rata peserta paham konsep dalam penyusunan instrumen asesmen diagnosis menggunakan Flif Book sebesar 85%, rata-rata peserta paham konsep penyusunan modul ajar berdiferensiasi sebesar 80% , rata-rata peserta paham konsep merancang modul ajar yang telah dibuat dalam 1 elemen cp sebesar 80%, rata-rata peserta paham konsep merancang e-asesment yang berpusat pada karakteristik peserta didik menggunakan kartu soal berdiferensiasi sebesar 82%. 

Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Modul Ajar Berdiferensiasi, Flif Book, Lokakarya. 

ABSTRACT 

The problems of partner teachers in the North Musirawas Regency of South Sumatra who implemented the independent curriculum found that there is still a lack of teacher knowledge and skills in preparing learning objectives flow (ATP), differentiated teaching modules that suit student needs, diagnostic assessments and the lack of experience of teachers using the flif book application. So the team is trying to facilitate teachers through workshops that will be held during January to February 2023 at the Handayani Hall, PGRI Silampari University. The form of the workshop is in the form of material delivery by involving participants in discussions in the Break Our Room to produce independent curriculum teaching module products. The number of participants participating in the training are 30 participants representing each school in the North Musirawas Regency area. Furthermore, the PKM team prepared a pre-post-test instrument to measure the achievement of the material. The results of teacher workshop activities on the preparation of differentiated teaching modules according to the independent curriculum showed that on average the participants understood the concept in compiling a diagnostic assessment instrument using the Flif Book by 85%, the average participant understood the concept of compiling differentiated teaching modules by 80%, the average participant understand the concept of designing teaching modules that have been made in 1 cp element by 80%, the average participant understands the concept of designing e-assessments centered on student characteristics using differentiated question cards by 82%. 

Keywords: Independent Curriculum, Differentiated Teaching Modules, Flif Books, Workshops 


Kata Kunci


Kurikulum Merdeka; Modul Ajar Berdiferensiasi; Flif Book; Lokakarya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adjam, S., Ibrahim, F., Saibi, N., Samili, A. O., & Hasim, J. (2022). Presepsi Guru dalam Penerapan Konsep Pendidikan Merdeka Belajar di SMP Negeri 31 Halmahera Barat. Https://Medium.Com/, 8(12), 494–500. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6970716

Adwiah, R., Guhir, A. H., & Ridwan, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru MIN Kupang di Pulau Kera. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 103–108. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526

Aisa, A., Shofiyani, A., & Farkhanudin, M. (2021). PKM melalui Pendampingan bagi Guru Mata Pelajaran Fiqih BAB Thoharoh. Jumat Informatika: JUrnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 70–73. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/2039

Anas, M., Sugiono, & Yuliani, T. (2023). PkM: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru IPS SMP di Kota Kediri. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 206–214.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Arishandhi, G. A. M. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2023). Flipbook : Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 165–174. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55034 Flipbook:

Burhanuddin, B., Muntari, M., Loka, I. N., Sofia, B. F. D., & Al Idrus, S. W. (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Lesson Study. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.2288

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Erminawati, Arief, Z. A., & Gatot, M. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FLIPBOOK DALAM RANGKA MENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA DINI PAUDQU AL-FATAH BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 163–175.

Harfiani, R., & Mavianti. (2019). PKM Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 85. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1709756&val=18574&title=PKM PENINGKATAN KUALITAS GURU PAUD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENDIDIKAN INKLUSIF DI KECAMATANSUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Hasibuan, S., Ritonga, N., Adu, D., Larosa, S., Walean, R. R., & Marbun, S. (2023). Lokakarya Pengembangan Teknologi Pendidikan bagi Guru-Guru di Desa Ujung Gunung Ilir. Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.53547/realcoster.v6i1.316

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Khoirunisa, T., Sodiq, A., & Maswani. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MEDIA FLIPBOOK DI SMAN 112 JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 261–271.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Kusumaningrum, S. R., Mashfufah, A., Utama, C., Pristiani, R., Rosydiana, E. A., & Astutik, P. P. (2023). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS SD. Communnity Development Journal, 4(2), 4252–4258.

Mantra, I. iBagus N., Puspadewi, K. R., & Arsana, A. A. P. (2022). PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nurrahamah, N. A., & Sukarmin. (2023). Pengembangan E-flipbook Interaktif dengan Strategi Conceptual Change sebagai Media Reduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 185–194.

Nurzannah, N., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pengembangan Kurikulum 2013 Paud Bagi Guru-Guru Lpptka-Bkprmi Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IHSAN/article/view/3297

Oktaviani, L. (2021). Pkm Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas dan Kualitatif Di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Wdidya Laksmi, 1(2), 98–103.

Panggabean, S. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru SMP dan SMA Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 238–247. https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i2.5338

Parulian, D., Julaeha, S., & Mufti, A. (2021). PKM Guru-Guru Bimbel Yayasan FORSIPMA Mawar. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i1.35

Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., Inderawati, R., Kurniadi, E., Lisnani, L., Rawani, D., Gustiningsi, T., Malalina, M., Herlina, R., Rahayu, C., Sari, A., & Septimiranti, D. (2023). Pelatihan Guru Profesionalâ€Merdeka Belajar†Melalui Collaborative Learning Bagi Guru Sekolah Menengah Di Kota Pagaralam. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 33. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13317

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DEVELOPMENT OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BASED FLIPBOOK MEDIA ON STUDENTS ’ MATHEMATICAL. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 5(1), 8–19. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1

Reski, A., Bawawa, M., Rahayu, M., & Simbolon, M. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMP IT IBNU SINA MERAUKE MELALUI. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyakat Berkemajuan, 7(1), 588–593.

Sabriadi, H., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.

Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i1.793

Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/142%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/142/115

Tenri, A. A., & Suflianti, R. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru PAUD. Madaniya, 4(1), 121–127. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/354%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/download/354/239

Ubaidillah, Z., Al Husna, C. H., Alviana, D. V., & Sakina, A. I. (2023). PKM Pendampingan Guru di Sekolah Dasar Kabupaten Malang Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 338–342. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i2.2477

Ula, E. M., Paidi, & Jumadi. (2023). Electronic Module Development Science-Based Learning Flipbook Theory System Breathing in Humans for Student Class VIII SMP / MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1593–1599. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1755

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Yanto, B., Setiawan, A., & Husni, R. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 15–24. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.209

Yolanda, Y. (2022). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Prakarya Elektronika Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Physics and Science Learning, 06(02), 93–106.

Yolanda, Y., & Fathurohman, A. (2023). Analysis Of Student Collaboration Skills Using The Independent Flow Of Basic Physics Course Material Of Capacitors. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v3i1.36701

Yunianta, T. N. H., Herman, T., Wizhar, A. B., & Kurniawan, M. A. F. (2023). Development of Mathematics E-Module Using Kodular and Flipbook for Junior High School Students : Differences. Jurnal Didaktik Matematika, 4185(2011), 1–16. https://doi.org/10.24815/jdm.v10i1.29730


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License