Penguatan Literasi dan Numerasi Serta Pengenalan Teknologi di SD Negeri 392 Tabuyung

Lidya Evauli Hutabarat, Imelda Butar Butar, Bertaria Sohnata Hutahuruk, Iwan Setiawan, Burhanuddin Burhanuddin

Sari


ABSTRAK
Program kampus mengajar yang dilalui mahasiswa merupakan bentuk latihan sebagai agen perubahan untuk tantangan pendidikan Indonesia, yaitu dari 23 februari 2022 hingga 29 juni 2022. Program ini berupa eksistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD dan SMP berbagai desa atau kota, Salah satunya adalah SD Negeri 392 Tabuyung, kec. Muara Batang Gadis, Kab. Mandailing Natal, Sumatera Utara. Pada program kampus mengajar ini mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah yaitu sebagai mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran literasi, numerasi, administrasi serta adaptasi teknologi dan juga sebagai media untuk mengasah keterampilan sosial bersama siswa SD Negeri 392 Tabuyung, memperbaiki karakter siswa serta meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi ini. Hasil dari program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Laporan ini merupakan catatan laporan keseluruhan sepanjang mahasiswa menjalankan program kampus mengajar. Laporan ini merupakan salah satu yang harus dikerjakan mahasiswa setelah melaksanakan program kampus mengajar. Laporan-laporan mingguan yaitu laporan tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa semasa menjalani program kampus mengajar seperti mengajar pembelajaran literasi dan numerisasi, adaptasi teknologi, dan administrasi.

 

ABSTRACT
program that students go through is a form of training as agents of change for Indonesia's educational challenges, from 23 February 2022 to 29 June 2022. This program is in the form of teaching existence to empower students in helping the learning process in elementary and junior high schools in various villages or cities, one of which is SD Negeri 392 Tabuyung, kec. Muara Batang Gadis, Kab. Mandailing Natal, North Sumatra. In this teaching campus program, students have a responsibility to help the school as partners of teachers to innovate in learning literacy, numeracy, administration and adaptation of technology and also as a medium to hone social skills with SD Negeri 392 Tabuyung students and improve student character and increase interest student learning during this pandemic. The results of this program are as an inculcation of students' empathy and social sensitivity to the problems of community life around them; hone thinking skills in working together across various fields of science and student origin in solving the problems they face. This report is a record of the overall report as long as students run the campus teaching program. This report is one that students must do after carrying out the campus teaching program, weekly reports, namely reports on activities that have been carried out by students during the campus teaching program such as teaching literacy and numerization learning, technology adaptation, and administration.

 


Kata Kunci


Keywords: Teaching Campus, Literacy, Numeracy, Administration, Technology

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Iriawan,S.B.,&Saefudin,A.(2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rini,Y.S.,&Tari,J.P.S(2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Â