Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru

Juniarti Rismauli, Bangun Munthe, Herman Herman, Jufri Jufri, Gustinawati Gustinawati

Sari


ABSTRAK
Kampus Mengajar merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang mengajak mahasiswa di Indonesia untuk menjadi guru dan mengajar siswa/i Sekolah Dasar (SD) di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar). Ruang lingkup kegiatan Kampus Mengajar mencakup pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi manajerial sekolah. Program Kampus Mengajar Angkatan 1, dan 2 untuk sekolah memiliki dampak positif sehingga dilanjutkan Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Salah satu sekolah yang menjadi target Kampus Mengajar 3 adalah SD 014 Kampung Baru Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Dari hasil pengalaman selama Program Kampus Mengajar angkatan 3, dapat disimpulkan bahwa Program Kampus Mengajar memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kepempimpinan dan karakter serta mempunyai pengalaman mengajar, berkolaborasi dengan guru di Sekolah Dasar untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Program Kampus Mengajar ini juga membantu sekolah dalam peningkatan efektivitas proses pembelajaran, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah.

 

ABSTRACT
Teaching Campus is part of the Merdeka Campus which invites students in Indonesia to become teachers and teach elementary school (SD) students in the 3T (Frontier, Disadvantaged, and Outermost) areas. Teaching Campus activities to include learning in all subjects, focusing on literacy and numeracy, technology adaptation, and school managerial and administrative assistance. Teaching Campus Program batch 1 and 2 had a positive impact, so the program continues to Batch 3. One of the schools targeted by Teaching Campus Program Batch 3 was SD 014 Kampung Baru, Peranap District, Indragiri Hulu Regency, Riau Province. From the results of experience during the Teaching Campus Program batch 3, the author concludes that it benefits students to hone their leadership spirit and character and have a teaching experience, collaborating with teachers in elementary schools to organize face-to-face learning in schools. Teaching Campus program also helps schools improve the effectiveness of the learning process, technological adaptation and school administration.


Kata Kunci


keywords: Teaching Campus, Improving Literacy and Numeracy of students at SD 014 Kampung Baru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemendikbud. (2021). Buku Saku Utama Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2021). Buku Pegangan Mahasiswa Kampus Jakarta:

Kemendikbud 2020. Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/public/artikel/detail/peningkatan-literasi-dan-numerasi-melalui-program-kampus-mengajar

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/kampus-mengajar-semangat-pembelajaran-dalam-pengabdian-mengajar/

https://mahasiswaindonesia.id/aktualisasi-literasi-dan-numerasi-pada-program-kampus-mengajar-angkatan-3/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Â