Peningkatan Sistem Literasi dan Numerasi Siswa di SD Negeri 107420 Desa Tengah Melalui Program Kampus Mengajar 3

Laura Stephany Situmorang, Lukman Pardede, Nenni Triana Sinaga, Renita Br. Saragih, Monang Hutabarat

Sari


ABSTRAK
Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai wilayah dengan akreditasi C. Pada program ini, penulis dan rekan mahasiswa Kampus Mengajar ditempatkan pada salah satu sekolah yaitu SD Negeri 107420 Desa Tengah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, dimana pada penempatan tersebut Mahasiswa Kampus Mengajar diberi tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah dan guru pada proses belajar mengajar, mengajarkan siswa – siswi dalam bidang literasi dan numerasi yang berguna untuk menambah wawasan serta pengetahuan dalam bidang pendidikan. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 juga membantu adaptasi teknologi seperti dalam menerapkan penggunaan infocus, pemutaran video – video pembelajaran, memberikan pelatihan aplikasi pembelajaran untuk guru dan siswa, serta pengenalan adaptasi teknologi lainnya dalam proses belajar mengajar. Dalam membantu administrasi sekolah penulis dan rekan satu tim mahasiswa Kampus Mengajar juga membantu dalam pembuatan RPPH (Rencana Pembelajaran Harian), pengisian absensi kelas, pengisian penilaian siswa – siswi SD Negeri 107420 Desa Tengah. Pada pelaksanaan program ini penerapan literasi dan numerasi sudah berdampak bagi siswa – siswi, karena sudah terlaksananya program pojok baca yang dapat memudahkan siswa dan menambah minat siswa dalam membaca sehingga bisa menambah wawasan serta pengetahuan seluruh peserta didik SD Negeri 107420 Desa Tengah, tidak hanya itu dalam bidang administrasi SD Negeri 107420 Desa Tengah sudah mengalami peningkatan seperti sudah terlengkapinya RPP pada setiap kelas, kelengkapan data – data Guru, serta pengisian absensi siswa - siswi dan kemudian dalam bidang adaptasi teknologi penulis dan rekan satu tim juga sudah menerapkan dan memberikan pelatihan untuk guru dan siswa memperlihatkan adanya peningkatan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik.

Kata kunci: kampus mengajar,literasi dan numerasi,mengasah pengetahuan, minat baca, memperkuat pengeta

ABSTRACT
Program Kampus Mengajar is a form of implementation Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) which is in the form of teaching assistance to empower students in helping the learning process in elementary schools in various regions with C accreditation. In this program, the authors and fellow students Kampus Mengajar at one of the schools SD Negeri 107420 Desa Tengah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang In this placement, Kampus Mengajar Students are given the responsibility of helping schools and teachers in the teaching and learning process, teaching students in the field of literacy and numeracy which is useful for adding insight and knowledge in the field of education. Then Kampus Mengajar Students Batch 3 also helps adapt technology such as in applying the use of infocus, playing learning videos, providing training on learning applications for teachers and students, as well as introducing other technology adaptations in the teaching and learning process. Then in assisting the administration of the school, the writer and his team mates from the Kampus Mengajar also helped in the making RPPH (Rencana Pembelajaran Harian), filling in class attendance, filling in the assessment of students at SD Negeri 107420 Desa Tengah. In the implementation of this program the implementation of literacy and numeracy has had an impact on students, because the reading corner program has been implemented which can facilitate students and increase student interest in reading so that they can add insight and knowledge to all students of SD Negeri 107420 Desa Tengah, Not only that, in the field of administration, SD Negeri 107420 Desa Tengah has experienced improvements such as the completion of RPP in each class, completeness of teacher data, as well as filling in student attendance and then in the field of technology adaptation, the author and teammates have also implemented and provided training for teachers and students shows an increase in the literacy and numeracy competencies of students.

Keywords: Kampus Mengajar, literacy and numeracy, sharpening knowledge, reading interest, strengthening knowledg


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemendikbud. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. Jakarta: Kemendibud.

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kampusmengajarperintis#:~:text=Program%20Kampus%20Mengajar%20Perintis%20ini,di%20tmengah%20pandemi%20Covi d%2D19 Diakses pada tanggal 01 Juni 2022

https://sulteng.kemenag.go.id/berita/detail/senam-pagi-mendukungprosespembelajaran-yang-sehat-dan-rasa-segar-kepada-siswa Diakses pada tanggal 2 Juni 2022

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/mengenal-lebih-dekat-programkampusmengajar Diakses pada tanggal 3 Juni 2022

https://www.rikaariyani.com/2021/12/kampus-mengajar.html Diakses pada tanggal 3 Juni 2022

https://hermananis.com/literasi-numerasi-pengertian-prinsip-indikator-dan-pentingnya-literasi/ Diakses pada tanggal 4 Juni 2


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License