Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Gedebage Melalui Pelatihan Desain Grafis

Nor Kumalasari Caecar Pratiwi, Nur Ibrahim, Yunendah Nur Fu’adah, Indah Mutiah Utami, Alex Lianardo, Novita Risdanti, Muhammad Adnan Pramudito

Sari


ABSTRAK
Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (GTK PAUD) merupakan ujung tombak dan garda terdepan yang akan membimbing proses tumbuhnya insan Indonesia yang cerdas, dan berkarakter. Guru dan tenaga kependidikan semestinya merupakan seorang yang berkarakter tangguh, memiliki kompetensi mendasar serta mampu berdaya saing dan terbuka dalam menerima segala perubahan yang terjadi sangat cepat pada zaman revolusi 4.0 ini. Secara actual, kondisi yang terjadi dilapangan menjabarkan bahwa GTK PAUD, terutama yang berasal dari jalur pendidikan nonformal, memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sangat beragam. Berangkat dari kondisi ini, dirancang sebuah kegiatan pendidikan dan pelatihan GTK PAUD yang bertujuan untuk mempersiapkan mereka menjadi pendidik yang lebih professional. Kegiatan dilakukan secara tatap muka dan ditambah dengan pemberian tugas mandiri. Pada bagian akhir kegiatan, peserta memberikan saran dan umpan balik terkait kebermanfaatn dan kesesuain materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi GTK PAUD di Kecamatan Gedebage. Dari 38 responden yang mengisi umpan balik, terlihat tingkat kesesuai materi yang diberikan terhadap kebutuhan mitra sangat baik, yaitu sebesar 90,79%. Sejalan dengan hal tersebut, peserta juga berpendapat bahwa materi yang diberikan selama pelatihan sangat bermaanfaat untuk mendukung proses peningkatan kompetensi para GTK PAUD, dengan tingkat kebermanfaatan sebesar 92,11%.


ABSTRACT
Teachers and Education Personnel for Early Childhood Education (GTK PAUD) are the frontline leaders who will steer the process of developing intellectual and character-driven Indonesians. Teachers and education personnel should be individuals with strong character, basic competences, and the ability to be competitive and open to all changes that occur at a rapid pace in this era of revolution 4.0. Actually, the actual conditions explain GTK PAUD emerging from non-formal education, qualifications, and competencies that are highly various. Based on this circumstance, a GTK PAUD education and training activity was created with the goal of preparing them to become more professional instructors. Face-to-face activities are carried out, and independent assignments are added. At the end of the program, participants completed suggestions and feedback on the usefulness and suitability of the training materials for improving GTK PAUD competency in Gedebage district. According to the feedback from 38 respondents, the level of compliance of the material offered to the needs of partners was extremely good, at 90.79%. In line with this, participants believed the training material was highly effective to support the process of growing GTK PAUD competency, with a usefulness rate of 92.11 percent.


Kata Kunci


GTK PAUD; desain grafis; kompetensi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diansyah, T. M., Aulia, R., and Siregar, D., (2019). “Graphic Design Enhancing Multimedia Capabilities for Youth in Saentis Village,†TUNAS, vol. 1, no. 1, pp. 35–38.

Romadiana, P., Wahyuningsih, D., and Kirana, C., (2020). “Pelatihan Desain Grafis Bagi Siswa Sebagai Pengembangan Pengetahuan Di Bidang Multimedia,†Jurnal Abdimastek, vol. 1, no. 1, pp. 33–36.

Raafi, R., Hananto, B., Nugrahaeni Puspita Dewi, C., Nasional Veteran Jakarta, P., and Selatan, J., (2020). “Peningkatan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Menambah Daya Saing Masyarakat Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan,†SULUH: JURNAL ABDIMAS UNIV PANCASILA, vol. 2, no. 1, pp. 70–77.

Yanto, R., Di Kesuma, H., Alfiarini, A., Apriadi, D., and Etriyanti, E., (2022). “Pelatihan Aplikasi Coreldraw Dalam Peningkatan Hardskill Siswa Menghadapi Dunia Kerja,†RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 129–134.

Lisnawita, L., Lhaura Van FC, Lucky, and Musfawati, (2020). “Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa,†Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 231–235.

Saepul Mustakim, Usep, (2022). “Pendampingan Kegiatan Pelatihan Desain Grafis Untuk Warga Desa Ciputri Di Kecamatan Kaduharjo Kabupaten Pandeglang,†Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 91–95.

Nata, A., Helmiah, F., Studi Manajemen Informatika, P., Royal Kisaran, S., and Studi Sistem Informasi, P., (2022). “Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Remaja Dalam Berwirausaha,†Communnity Development Journal, vol. 3, no. 2, pp. 747–750.

Badan Pusat Statistik Kota Bandung, (2020). “Kecamatan Gedebage Dalam Angka 2020,†Bandung.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2022). “Data Referensi Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini Per Kec. Gedebage,†Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.

Kebudayaan Riset dan Teknologi Kementrian Pendidikan, (2022). “Data Pokok Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi,†Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License