Kelas Inspirasi di SDN Ki Pasawahan Kidul Purwakarta

Marisa Premitasari

Sari


ABSTRAK

Kelas Inspirasi merupakan wadah aktivitas belajar mengenal beragam profesi kepada anak-anak siswa sekolah dasar di seluruh Indonesia . Tujuannya adalah menyediakan media untuk kaum profesional utnuk meraba, menyentuh dan merasakan langsung tantangan pendidikan di sekolah serta memantik mereka untuk terus terlibat turun tangan dalam ikut membangun kemajuan. . Pengajarnya adalah relawan yang terpilih dari seleksi Kelas Inspirasi Purwakarta. Relawan tersebut kemudian bergabung di grup dimana tidak ada relawan yang berprofesi sama..Sehari sebelum pelaksanaan para relawan berangkat ke kota tujuan, untuk mendapatkan briefing dari ketua panitia, dan kelompok grupnya dimana kelompok grup penulis ditugasi untuk membina siswa SD Ki Pasawahan Kidul.. Pada hari pelaksanaan, tim relawan mengikuti upacara hari jum’at kemudian mengajar kelas yang sudah dijadwalkan dan memberikan pengenalan profesi. Setiap ketua kelompok memberikan susunan jadwal mengajar dan penulis dijadwalkan mengajar di Kelas 3 SD dan Kelas 5 SD.Setiap relawan mendapatkan jadwal mengajar yang berbeda-beda selama satu hari. Penulis menjelaskanpentingnya bersekolah sampai bisa berprofesi sebagai dosen kepada siswa Kelas 3 SD melalui metoda if thenelse dengan flowchart. Untuk kelas 5 SD, penulis mengajak siswa untuk bermain game dengan metoda permainan Pengembangan Diri I ITENAS sambil terus memberikan support untuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan menjelaskan bahwa betapa menyenagkannya bila suatu saat nanti mereka juga bisa menjadi seorang dosen , mengikuti kelas inspirasi dan mengajar siswa bermain game.

Kata kunci: Kelas Inspirasi, Mengajar, Profesi, Dosen,Relawan

 

ABSTRACT

Kelas Inspirasi is a charity medium for experts to introduce their occupation around the country. The aim of project is to provide medium for the expert to feel and touch about teaching challenges of education at elementary school on the firsthand . Another reason of the project is to ignite and encourage them to be involved in countinuing the nation about develop the human Resources. The expert as teachers, are volunteers who has been selection and in this case, the author passed and selected for Kelas Inspirasi Purwakarta. Later, the volunteer join social media group whose all of them member haven’t the same occupation . Day minus one, volunteer join the briefing from the chairman and scheduled for the next day at SDN Ki Pasawahan Kidul , while this place was the target school for author’s team. At the D day, the team join Friday ceremony at the school, then introducing themselves before they going to the classroom. Followoing the team schedule, the author explained to 3 rd Grade student abaout why is it important for going to school with if then else flowchart system. And to the 5 th grade , the author invited students to play games using ITENAS First Self Developmetnt Methods. These playing games ignite them if someday, they accupied as a lecture just like the author doing now.

Keywords: Kelas Inspirasi, Teaching, occupation, lecturer, volunteer.


Kata Kunci


Kelas Inspirasi, Mengajar, Profesi, Dosen,Relawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nuryanto, S., (2019)." Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi ", Southern Asian Journal of Islamic Education, 1(2), pp. 111-126.

Wiyanti, D.T., (2019) “ Kelas Inspirasi-Membangun Mimpi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pengenalan Karakter dan Profesiâ€, Jurnal Abdimas, 23(1), pp.64-67.

www.kelasinspirasi.org diunduh pada tanggal 2 Januari 2020

https://disdik.purwakartakab.go.id/kelas-inspirasi-purwakarta-beri-motivasi-pelajar-sd diunduh pada tanggal 2 Januari 2020

Sonia, A dkk, (2021) “Optimalisasi Minat Baca Melalui kelas Inspirasi Profesi kesehatan†Manhaj, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , 10(2),pp.36-43.

Hanum,R.E., (2020). Komunitas Kelas Inspirasi Bojonegoro dalam Menumbuhkan Cita-Cita Pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro . Thesis Diploma. Universitas Negeri malang

Tim SKK ITENAS.,(2011). Buku Pengembangan Diri I. ITENAS

Safia, R., (2014). Kelas Inspirasi Depok II.Modul Pelaksanaan Pengajaran Relawan.Kelas Inspirasi

PANDUAN PELAKSANAAN KELAS INSPIRASI - Cetak Final OK.pdf (kemdikbud.go.id) diunduh pada tanggal 2 Januari 2020

https://eleducation.org/resource/using-a-flow-chart-to-keep-students-on-track diunduh pada tanggal 2 Januari 2020 [11] https://www.kajianpustaka.com/2021/05/model-pembelajaran-scl-student-centered-learning.html diunduh pada tanggal 8 Agustus 2022


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License