PELATIHAN CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN KONSTRUKTIF UNTUK GURU MATEMATIKA SMP YAPIS TIMIKA

Subhanudin Subhanudin, A Rasul, Habibi Sutirta

Sari


ABSTRAK

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk melatih guru-guru matematika SMP Yapis Timika agar dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Berdasarkan hasil suvei awal diperoleh bahwa masih sedikit guru matematika yang belum memanfaatkan dan mengembangkan video pembelajaran sebagai media pembelajaran yang interaktif dan konstruktif. Metode yang digunakan pada kegiatan PKM ini adalah pelatihan yang dilaksanakan secara tatap muka dan secara online melalui aplikasi Google Meet. Pertemuan I dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 12 Januari 2021 di SMP Yapis Timik. Pertemuan II, III dan IV dilaksanakan secara online pada 15, 18 dan 29 Januari 2021. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan salah satu aplikasi Ms. Power Point, merekam media pembelajaran tersebut dengan menggunakan aplikasi, menambahkan intro video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Intro Maker, dan menggabungkannya dengan menggunakan aplikasi Bandi Cut sehingga menjadi salah satu video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah guru dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif dengan baik.

Kata kunci: interaktif; konstruktif; pelatihan; video pembelajaran


ABSTRACT

The purpose of this community service activity is to train mathematics teachers at Yapis Timika Middle School, so that they can create and develop interactive and constructive mathematics learning videos. Based on the results of the initial survey, it was found that there are still a few mathematics teachers who have not utilized and developed learning videos as interactive and constructive learning media. The method used in this service activity is training which is carried out face-to-face and online through the Google Meet application. The first meeting was held face-to-face on January 12, 2021 at Yapis Timik Middle School. Meetings II, III and IV were held online on 15, 18 and 29 January 2021. The result of this service activity was that teachers were able to create and develop mathematics learning media using one of the Ms. Power Point, recording the learning media using an application, adding a learning video intro using the Intro Maker application, and combining it using the Bandi Cut application so that it becomes one of the interactive and constructive math learning videos. The conclusion of this training activity is that teachers can make and develop interactive and constructive mathematics learning videos well.

Keywords: interactive; constructive; training; tutorial video


Kata Kunci


Keywords: interactive; constructive; training; tutorial video

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Krisna, F. P. P., & Marga, M. H. P. 2018. Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar | Krisna | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 400–405. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2354

Saman, S., Ma’rufi, M., & Tiro, A. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika. PEDAGOGY, 4(1), 1–12. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1426

Suryansah, T., & Suwarjo, S. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Mertha, I. G., Rahayu, S., & Lestari, N. 2019. Workshop Teknik Pembuatan Video Pembelajaran Pada Guru-Guru SMP N 1 Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–5. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/990

Ekawati, R., Manuharawati, M., Palupi, E. L. W., & Fardah, D. K. 2016. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Stud. Jurnal ABDI, 1(2), 134. https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p130-134

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. 2018. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Â