Pembangunan Situs Web Sekolah Menengah Pertama Nur Kautsar Kabupaten Bandung

Uung Ungkawa, Dewi Rosmala, Muhammad Ichwan

Sari


ABSTRAK
Kebutuhan akan sistem informasi sekolah berbasis web makin mendesak dan tidak terhindarkan, terutama untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan sekolah. Dengan adanya pandemi Covid-19, kebutuhan akan hal tersebut makin mendesak dan meluas, karena kegiatan pembelajaran bahkan administrasi harus dilakukan secara daring. Demikian pula yang terjadi dan dirasakan Sekolah Menengah Pertama Nur Kautsar atau SMP Nur Kautsar, yang berlokasi di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Sekolah juga terkendala dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Dari permasalahan tersebut, dalam program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diusulkan pembangunan situs web sekolah untuk SMP Nur Kautsar. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi SMP Nur Kautsar dalam menyalurkan informasi penting kepada masyarakat serta memberi banyak kemudahan bagi pemangku kepentingan lain terutama guru dan siswa. Untuk mengetahui keberhasilan program ini kami melakukan evaluasi untuk menjajagi sejauh mana situs web ini memberikan manfaat bagi SMP Nur Kautsar khususnya. Hasilnya menunjukkan situs web ini memberi banyak manfaat dan memberi nilai tambah dalam akreditasi dan penilaian kepala sekolah.

 

ABSTRACT
The need for a web-based school information system is increasingly urgent and unavoidable, significantly increasing the efficiency and effectiveness of school activities. During the Covid-19 pandemic, a web-based school information system is inevitable because all school activities are carried out online. This phenomenon also happened in Nur Kautsar Junior High School or Nur Kautsar Middle School, located in Cimenyan District, Bandung Regency. This program will solve this problem by building a school website for Nur Kautsar Junior Middle School. This activity is expected to benefit this school by disseminating important information to the community and providing many conveniences for other stakeholders, especially teachers and students. The evaluation process was conducted to test and evaluate the benefits of the website for Nur Kautsar Middle School. The results show that the website provides many benefits and adds value to the accreditation and principals’ assessments.


Kata Kunci


Situs web sekolah, aplikasi berbasis web, sistem informasi sekolah daring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, N. (2013). Pemanfaatan Teknologi Internet dalam Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4(1), 75–87.

Duckett, J. (2014). JavaScript and JQuery. Wiley.

Ezell, L. (2016). Practical CodeIgniter 3. In Lonnie Ezell (Vol. 29).

Kemendikbud. (2016a). LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 22 TAHUN 2016. III(2), 2016.

Kemendikbud. (2016b). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. III(2), 2016.

Prettyman, S. (2016). Learn PHP 7. In Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-1730-6

Rusman. (2009). Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran : Pedoman bagi Guru. 2007.

Sutirman. (2006). Pemanfaatan Internet Dalam Dunia Pendidikan (p. 10). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i3.3905

Wiegers, K. E. (2009). Software Requirements, Second Edition. In O’Reilly.

Wikipedia. (n.d.-a). Frontend and backend. Wikipedia. Retrieved March 27, 2022, from https://en.wikipedia.org/wiki/Frontend_and_backend

Wikipedia. (n.d.-b). Model–view–controller. Wikipedia. Retrieved March 27, 2022, from https://en.wikipedia.org/wiki/Model–view–controller

Zaharnita, E., Witarsa, & Rosyid, R. (2016). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Informasi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Tanjungpura. Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(9), 1–17.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License