Perancangan Kampanye Digital Edukasi Duta Vaksin Covid 19 Untuk Mahasiswa

Wiwi Isnaini, Erika Dewi, Hanifah Aida Fitri

Sari


ABSTRAK
Penyebaran hoax dan berita tentang vaksin covid 19 yang kurang dapat dipertanggung jawabkan terbagi dengan begitu cepatnya, sementara sosialisasi resmi dari pemerintah tentang vaksin belum sepenuhnya sampai ke masyarakat. Vaksinasi Covid 19 adalah upaya bersama untuk masa depan Indonesia yang sehat bebas Corona, dan edukasi tentang vaksin ini menjadi tanggung jawab bersama. Mahasiswa sebagai bagian dari kelompok masyarakat adalah agen perubahan yang mampu mempengaruhi generasi sebelum dan setaranya agar berubah sikap menjadi positif dan turut berpartisipasi melakukan vaksin untuk kepentingan diri, keluarga dan lingkungannya.Setelah terjadinya puncak pandemi akibat virus Covid19 varian Delta yang berasal dari India, Indonesia mengalami gelombang pandemi yang lebih besar dari tahun 2020 dengan tingkat kematian tinggi dan kesadaran untuk vaksin cukup meningkat tajam termasuk di kalangan mahasiswa, untuk itulah kampanye digital edukasi vaksin covid19 lebih diarahkan kepada mahasiswa agar bersedia menjadi duta vaksin bagi keluarga yang mengalami banyak hambatan untuk mengakses informasi, mendaftar dan menerima vaksin sebagai hak juga kewajiban sebagai warga negara.

 

ABSTRACT
The spread of hoaxes and irresponsible news about vaccine Covid-19 is spreading very quickly, while official socialization from the government about this vaccine has not yet fully reached the public. The Covid 19 vaccination is a joint effort for a healthy future of Indonesia free from Corona. Students as part of a community group are agents of change who are able to influence the previous generation and its equivalent to change attitudes to be positive and participate in vaccines for the benefit of themselves, their families, and the environment. After the peak of the pandemic due to the Delta variant of the Covid-19 virus originating from India, Indonesia experienced a pandemic wave bigger than 2020 with a high mortality rate, and awareness for vaccines has increased sharply, including among students, for this reason, the digital campaign for COVID-19 vaccine education is more directed to students to be willing to become vaccine ambassadors for families who experience many barriers to accessing information, registering and receiving vaccines as a right as well as an obligation as citizens..


Kata Kunci


Vaksin, Covid19, Kampanye digital, Mahasiswa, Imun, bebas covid

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Venus, Antar, DR,MA (2018) “Manajemen kampanye, Pengantar Teori dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik†Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Yuswohady, Dyah Hasto Palupy, Teguh S,Pambudi (2021). “The Rise of Cool+Agile Brands. Inventure, Jakarta.

Roterberg, Christian Muller, (2020) Design Thinking for Dummies, John Wileys & Sons.Inc, Hoboken, New Jersey, New York

Berger, Jonah, (2014) “Contagious: How to Build Word of Mouth in the Digital Age†Simon & Schuster, New York City

Neal, Schaffer,(2020) “The Age Of Influence, The Power of Influencers to Elevate Your Brand†HarperCollins Leadership, California

Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (2020)â€Pedoman Pencegahan dan Pengendalian covid-19, Kementrian Kesehatan RI.

Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat “Buku Saku Tanya Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19, Kementrian Kesehatan RI.

Lestari, Fatma, et all,E-book (2020), “Pengalaman Indonesia Dalam Menangani Wabah Covid19†Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB, Jakarta

Hasiholan,Togi Prima dkk, 2020, “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia untuk Pencegahan Corona Covid-19†Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5 No. 2

Burhan, Elina, DR (2021) Webinar tentang Vaksin Covid19, Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Ahmad Yani- Cimahi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License