Pengembangan Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa Mekarwangi (Bagian PDAM)
Sari
ABSTRAK
Desa Mekarwangi adalah hasil pamekaran dari Desa induk yaitu Desa Pagerwangi yang dimekarkan pada tanggal 15 Agustus 1983. Desa Mekarwangi memiliki berbagai jenis usaha desa, salah satunya adalah jasa PDAM. Dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 1870, pengelolaan data transaksi PDAM yang masih dikelola secara manual cukup menyulitkan. Pengelolaan data warga, data transaksi iuran, pelaporan masih dilakukan secara manual dengan bantuan Microsoft excel. Salah satu upaya untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah membangun Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa (Bagian PDAM )dimana sistem tersebut dapat melakukan perhitungan iuran, pelaporan dan pendataan warga secara otomatis. Dalam pembangunan sistem informasi ini, metodologi yang digunakan adalah agile. Agile memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengujian, implementasi dan umpan balik. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam kurun waktu 5 bulan dan petugas sudah diberikan transfer learning mengenai aplikasi. Masih terdapat beberapa masukan mengenai sistem dan sistem telah berhasil dibangun dengan alamat sementara die.itenas.ac.id.
Kata kunci: Desa Mekarwangi, PDAM, Agile
ABSTRACT
Mekarwangi Village is the result of the expansion of the main village, Pagerwangi Village which was expanded on August 15, 1983. Mekarwangi Village has various types of village businesses, one of which is PDAM services. With a total of 1870 family heads, PDAM transaction data management is still managed manually, which causes difficulties in reporting contributions. Management of citizen data, contribution transaction data, reporting is still done manually with the help of Microsoft excel. One of the efforts to reduce these problems is to build a PDAM information system where the system can automatically calculate contributions, report and collect data on residents. In the construction of this information system, the methodology used is agile. Agile has several stages, namely planning, testing, implementation and feedback. Community service activities are carried out within 5 months and officers have been given transfer learning about the application. There are still some inputs regarding the system and the system has been successfully built with the temporary address die.itenas.ac.id.
Keywords: Mekarwangi Village, PDAM, Agile
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Malik, R. S., Ahmad, S. S., & Hussain, M. T. H. (2019, March). A Review of Agile Methodology in IT Projects. In Proceedings of 2nd International Conference on Advanced Computing and Software Engineering (ICACSE).
McCormick, M. (2012). Waterfall vs. Agile methodology. MPCS, N/A.
Raharjo, B., & Heryanto, I. (2014). Modul Pemrograman Web HTML, PHP & MySQL Revisi Kedua.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Alamat redaksi dan tata usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.