Implementasi Aplikasi Website Pengaduan Masyarakat di RT07 RW15 Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong

Yusup Miftahuddin, Pratama Bevan N, Rizky Bachtiar, Rizky Andika, Abdullah Marwan H, Ahmad Luthfi A

Sari


ABSTRAK

Permasalahan dalam sistem pengaduan masyarakat yang masih dilakukan secara manual seringkali menyebabkan keterlambatan dalam penanganan keluhan serta kurangnya transparansi dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi website berbasis pengaduan masyarakat di RT07 RW15, BBK, Surabaya, Kecamatan Kiaracondong. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan warga dalam menyampaikan keluhan serta memantau status pengaduan mereka secara real-time. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode waterfall, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pengaduan, mempercepat respon dari pihak terkait, serta meningkatkan transparansi dalam penyelesaian masalah yang dihadapi warga. Dengan adanya fitur notifikasi dan sistem pelacakan pengaduan, aplikasi ini memberikan solusi yang lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Evaluasi yang dilakukan dengan uji coba kepada warga dan pengurus RT/RW menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan respons positif dalam hal kemudahan penggunaan dan kecepatan penanganan pengaduan.

 Kata kunci: Pengaduan masyarakat, aplikasi web, manajemen pengaduan, teknologi informasi.


Kata Kunci


Pengaduan masyarakat, aplikasi web, manajemen pengaduan, teknologi informasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Della Kistyawati, "Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web," Jurnal UMK, 2024.

Fried Sinlae, Eko Irwanda, Zaky Maulana, Vicky Eka Syahputra, "Penggunaan Framework Laravel dalam Membangun Aplikasi Website Berbasis PHP," Research E-Siber, 2024.

RIFIL, "APLIKASI e-DUMAS (Aplikasi Pengaduan Masyarakat secara Elektronik)," 2024.

BiznetGio, "Mengenal Laravel, Framework PHP untuk Membuat Aplikasi Web," 2024.

Jurnal Ilmu Bersama, "Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web," 2024.

Jurnal Trunojoyo, "APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BANGKALAN," 2024.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License