Pengembangan Media Pembelajaran Digital Melalui Moodle Learning System Pada SMAN 1 Cikarang Selatan

Yusup Miftahuddin, Henshammi Adha Fernandi, Rifqi Syahrizal Fadil Alba, Hanifah Dwi Aprilianti

Sari


ABSTRAK

SMAN 1 Cikarang Selatan menghadapi permasalahan dalam pembelajaran digital karena meskipun memiliki fasilitas laboratorium komputer dan jaringan internet yang memadai, belum tersedia sistem pembelajaran daring terintegrasi, sehingga masih bergantung pada metode konvensional yang kurang fleksibel dan interaktif. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan Moodle Learning System sebagai media pembelajaran blended learning guna meningkatkan efektivitas pengajaran, motivasi siswa, serta kompetensi digital guru dan siswa. Metode pelaksanaan menggunakan model Waterfall yang mencakup tahapan requirement analysis melalui diskusi dengan stakeholders, system design dengan perancangan antarmuka dan basis data, implementasi kode menggunakan PHP dan framework terkait, integration and testing termasuk UAT, verification and deployment pada server sekolah, serta maintenance untuk pemantauan dan perbaikan berkelanjutan. Hasil yang diperoleh berupa platform Moodle dengan fitur dashboard khusus admin, guru, dan murid, pengelolaan materi dalam format PDF atau PPT, sistem tugas berupa pilihan ganda, esai, dan unggahan file, forum diskusi, serta antarmuka ramah pengguna yang didasarkan pada mockup dan UI desain. Sebelum PKM, sekolah mengalami keterbatasan dalam pembelajaran mandiri dan kolaborasi daring, sedangkan setelahnya terjadi peningkatan signifikan dalam efisiensi pengajaran, pengurangan ketergantungan media cetak, serta peningkatan keterampilan siswa dalam belajar secara adaptif dan interaktif. 

Kata kunci: blended learning, Moodle, Waterfall, pembelajaran digital, kompetensi digital 


Kata Kunci


blended learning, Moodle, Waterfall, pembelajaran digital, kompetensi digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhsan, R. A., & Wantoro, J. (2024). Implementasi E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Informatika. Indonesian Journal of Computer Science Attribution, 13(1), 2024–1369.

El-Maghraby, A.-S. A. (2021). Investigating The Effectiveness of Moodle Based Blended Learning in Developing Writing Skills for University Students. In Journal of Research in Curriculum, Instruction and Educational Technology JRCIET (Vol. 7, Issue 1).

Kaur, A., & Sharma, P. I. (2025). The Effectiveness Of Moodle-Based Online Learning In Secondary Education: A Descriptive Study. In International Journal of Creative Research Thoughts (Vol. 13). www.ijcrt.org

Kustiaman, A. I., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Summative Assessment Using Moodle Learning Management System in Vocational High School: Teacher Perspective. PAEDAGOGIA, 26(1), 41. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v26i1.70248

Nugroho, M. S., Akmal, S., Pawenang, S., Yahaya, S. H., & Ali-Alshami, S. (2024). Navigating Challenges in E-Learning Implementation at Indonesian High Schools: A Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(10). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v14-i10/23070

Yulianto, B., & Rita Layona. (2023). LMS Implementation in High Schools in Eastern Indonesia After the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Technology, 7(4), 670–676. https://doi.org/10.23887/jet.v7i4.66171


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License