Revealing the Invisible: Eksplorasi Augmented Reality/Virtual Reality terhadap Kerusakan Ekosistem Sungai Cikapundung

Eka Noviana, Sri Retnoningsih, Galih Ashari R, Shafira Kurnia F

Sari


ABSTRAK

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan proyek kerjasama antara Desain Komunikasi Visual, Informatika dan Komunitas Braga Heritage yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai bahaya kerusakan lingkungan melalui sebuah proyek seni inovatif yang memanfaatkan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Metode yang digunakan dalam penyelesaian proyek ini adalah partisipatory, dimana masyarakat setempat dilibatkan dalam proyek pembuatan AR dan VR ini, sehingga pesan yang disampaikan bersifat “dari mereka untuk mereka.” Metode ini dilakukan dengan melibatkan 32 orang anak kelas 1 hingga kelas 6 SD yang berasal dari daerah setempat untuk menggambar mengenai pengetahuan mereka tentang sampah dan banjir. Sebanyak 16 gambar dipilih untuk direspon menjadi karya AR dan VR, gambar-gambar tersebut dijadikan sebagai image tracker AR dan ide pembuatan VR animasi 3D 360. Data statistik pengguna yang disediakan oleh Spark AR menunjukkan bahwa 2 karya AR tersebut diakses sebanyak lebih dari 2000 kali, 3 karya diakses lebih dari 100 kali, dan 3 karya diakses lebih dari 50 kali. Sedangkan VR animasi 360menyentuh sisi emosional pengguna, dimana mengingatkan pada kejadian banjir yang mereka alami.

Kata kunci: sampah, banjir, edukasi, partisifatif, media AR/VR


Kata Kunci


sampah, banjir, edukasi, partisifatif, media AR/VR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Artiningrum, T., & Saeful, N. S. (2023). Determination of Cikapundung River Water Quality Index Using IKA-INA Method and Pollution Index. Eduvest - Journal of Universal Studies, 3(6), 1086–1097. https://doi.org/10.59188/eduvest.v3i6.843

Janetasari, S. A., Hamidah, U., Widyarani, & Sintawardani, N. (2020). Simple water quality observations in Cikapundung River from upstream to downstream to determine the quality. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 483(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/483/1/012040

Noviana, E., Plank, U., & Wand, E. (2024). Museum Maya Indonesia: An immersive museum prototype for cultural education. SHS Web of Conferences, 189, 01021. https://doi.org/10.1051/shsconf/202418901021

Rusdiyanto, E., Sitorus, S. R. P., Noorachmat, B. P., & Sobandi, R. (2021). Assessment of the Actual Status of the Cikapundung River Waters in the Densely-Inhabited Slum Area, Bandung City. Journal of Ecological Engineering, 22(11), 198–208. https://doi.org/10.12911/22998993/142916

Tambunan, E. K., Eni, S. P., Sudawarni, M. M., & Pasaribu, R. (2021). Dampak Ekologis Akibat Peningkatan Urbanisasi di Sepanjang Daerah Aliran Sungai Cikapundung Kota Bandung. In Temu Ilmiah IPLBI. https://doi.org/https://doi.org/10.32315/ti.9.c007

Tarangul, L., & Romaniuk, S. (2022). The Usage of Augmented Reality Technology in the Educational Process of Higher Education Institutions. Problems of Education, (1(96)), 187–204. https://doi.org/10.52256/2710-3986.1-96.2022.12

Wijaya, K., Asep Yudi Permana, & Noor Suwanto. (2017). Kawasan Bantaran Sungai Cikapundung Sebagai Pemukiman Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Mbr) Di Kota Bandung. Arcade, I(No. 2), 57–68.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License