Perancangan Brand Identity Homestay Guha Pawon Institut Teknologi Nasional Bandung
Sari
ABSTRAK
Brand Identity adalah wajah dari sebuah Brand. Brand adalah konsep emosional dan filosofis, dan Brand Identity adalah komponen visual dari suatu merek yang mewakili ide-ide yang lebih besar tersebut, seperti kumpulan semua elemen yang dibuat perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya. Brand Identity mencakup latar belakang, visi, misi, logo, tipografi, warna, target audiens, pengemasan dan pengiriman pesan, serta melengkapi dan memperkuat reputasi Brand yang sudah ada. Proyek desain yang tim kami buat adalah pembuatan sebuah Brand Identity untuk Homestay Guha Pawon. Tujuan dari pembuatan Brand Identity ini adalah menciptakan image yang baru dan menetap di benak masyarakat sekitar ataupun khalayak umum sehingga penyebutan homestay Guha Pawon ini tidak bermacam-macam. Dalam prosesnya, metodologi desain yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang diperoleh secara langsung dari narasumber dan platform online. Brand Identity yang dibuat tersebut mempresentasikan latar belakang homestay Guha Pawon tersebut. Luaran yang ditawarkan untuk Homestay Guha Pawon ini adalah pembuatan Logo, Tagline, Typefaces, dan Supergraphic.
Kata kunci: Identitas Brand, Homestay, Guha Pawon
ABSTRACT
Brand Identity is the face of a brand. A brand is an emotional and philosophical concept, and Brand Identity is the visual component of a brand that represents those larger ideas, such as a collection of all the elements created by a company to portray the right image to its consumers. Brand Identity encompasses background, vision, mission, logo, typography, colors, target audience, packaging and message delivery, as well as complementing and strengthening an existing brand's reputation. The design project our team has undertaken is the creation of a Brand Identity for Homestay Guha Pawon. The objective of developing this Brand Identity is to create a new image that firmly establishes itself in the minds of the local community and the general public, ensuring consistent references to Homestay Guha Pawon. In the process, we utilized a qualitative design methodology with interview techniques. The data sources used include primary and secondary data obtained directly from interviewees and online platforms. The resulting Brand Identity presents the background of Homestay Guha Pawon. The deliverables offered for Homestay Guha Pawon include the creation of a Logo, Tagline, Typefaces, and Supergraphic.
Kata kunci: Brand Identity, Homestay, Pawon Cave
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alina Wheeler. (n.d.). Designing Brand Identity
Brent Ritchie, J., & Ritchie Brent Ritchie, R. J. (1998). Annual Congress of the International Association of Scientific Experts in Tourism Marrakech.
Diajukan, S., Fakultas, K., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Salah, M., Persyaratan, S., Gelar, M., Pendidikan, S., Pd, ( S, Eliezha, O., & Concetta, F. (n.d.). STUDI KELAYAKAN KAWASAN GUA PAWON SEBAGAI DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT.
Van Gelder, S. (2003). Global brand strategy : unlocking brand potential across countries, cultures & markets. Kogan Page.
Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Alamat redaksi dan tata usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


1.png)



