Pengenalan IPTEKS Xylografi untuk Pelajar SLTP

Edi Setiadi Putra, M.Djalu Djatmiko, Bambang Arif

Sari


ABSTRAK

Pelatihan “Memperkenalkan iptek xylografi untuk siswa pelajar SLTP” ini merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan iptek bagi masyarakat sejak dini. Pelajar SLTP yang sedang belajar ‘prakarya’ sangat dituntut untuk meningkatkan kemampuan kreatif dan keterampilan, dalam merancang bangun suatu karya seni rupa dan karya teknologi terapan sederhana. Perkenalan siswa SLTP dengan iptek xylografi yang berkembang dalam Seni grafis, dapat meningkatkan kreativitas, kecerdasan visual dan keterampilan olah seni. Hal ini terlihat dari sejarah perkembangan xylografi yang menghasilkan karya seni grafis yang spektakuler dan merubah zaman. Sampai pada akhirnya berkembang pesat dengan munculnya perkembangan teknologi cetak (printing) yang mutahir dan canggih. Belajar xylografi terkait dengan peningkatan ketekunan, kerajinan dan kemampuan menjaga fokus kerja yang tinggi. Dalam keterampilan mengukir atau mencungkil kayu, lino block atau karet, diperlukan kemampuan untuk berkonsentrasi yang cukup tinggi, sehingga dapat terhindar dai kecerobohan dan kecelakaan kerja. Kemampuan membuat sketsa gambar dan pencetakan pada media kertas, karton, kain, Tshirt dan totebag, dapat melahirkan karya yang bernilai  seni tinggi dan  nilai  komersial  yang memberikan keuntungan finansial. Kegiatan  ini, walau dilaksanakan dengan waktu yang sangat terbatas, dapat memberikan sumbangsih iptek bagi masyarakat khususnya para siswa pelajar SLTP untuk mampu berlatih meningkatkan kemampuan diri di bidang seni rupa dan desain, khususnya terkait dengan pengembangan keterampilan prakarya yang menjadi salah satu mata pelajaran yang favorit bagi para siswa pelajar SLTP.

 Kata kunci: Xylografi, cukil, ukir, prakarya, desain, Seni Rupa


Kata Kunci


Xylografi, cukil, ukir, prakarya, desain, Seni Rupa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. N. 3. Cileunyi, "smpn3cileunyi.sch.id," SMPN3 Cileunyi, 14 Agustus 2022. [Online]. Available:

https://smpn3cileunyi.sch.id/. [Accessed 20 Agustus 2024].

Kemendikbud, "static.buku.kemendikbud.go.id," Kemendikbud, 2 January 2018. [Online]. Available: https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/k13. [Accessed 23 Agustus 2024].

I. F. Aulinda, "Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital," Tematik: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 88-93, 2020.

R. Fitriani, "Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini," Jurnal Golden Age Hamzanwadi

University, vol. 3, no. 1, pp. 25-34, 2018.

M. Webster, "dictionery," Merriam webster dictionery, [Online]. Available: https://www.merriam- webster.com/dictionery/xylography. [Accessed 16 Agustus 2024].

Sukawu, "blog.sukawu.com," blog.sukawu.com, 14 Juli 2022. [Online]. Available:

https://www.blog.sukawu.com/karya-karya yang berasal dari china/4/. [Accessed 16 Agustus

.

Kompas, "Kompas.com," Kompas, 1 Mei 2024. [Online]. Available: https://kompas.com/biografi

Johannes Gutenberg. [Accessed 20 September 2024].

A. S. Purnomo, "Workshop Stencil Print Untuk Anak-anak SD di Wilayah Makmoer Art Project Sebagai Upaya Menanamkan Jiwa Kreativitas," Jurnal Dikmas: Pendidikan masyarakat dan Pengabdian, vol. 04, no. 1, pp. -, 2024.

I. &. N. R. Maria, "Efek Penggunaan Gadget Pada Masa Pandemi Covid 19 terhadap Perilaku

Anak," Journal of Islamic: early childhood Education, vol. 3, no. 2, pp. 74-81, 2020.

S. Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Library PTIK.ac.id, 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License