Pengembangan Desa Berkelanjutan Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Di Desa Jembarwangi, Tomo, Sumedang

Nurhaeni Sikki, Hersusetiyati Hersusetiyati, Pupi Indriati Zaelani, Ratna Deli Sari, Ajeng Nisa Kusuma, Wisnu Wijaya, Cantika Dea Nurlaela Putri, Najmi Ihwani, Ahmad Muzakki, Salas Iqbal Maulana

Sari


ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk mewujudkan pengembangan desa berkelanjutan melalui pemberdayaan masyarakat di Desa Jembarwangi, Kabupaten Sumedang, dengan memanfaatkan potensi lokal, yakni mangga Gedong Gincu, sebagai bahan dasar produk olahan bernilai tambah berupa keripik mangga. Melalui program pengabdian masyarakat, yang meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam, serta pelatihan terkait teknologi pengolahan dan pemasaran, diharapkan terjadi peningkatan kapasitas teknis dan manajerial masyarakat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masyarakat menghadapi tantangan utama berupa fluktuasi pasokan bahan baku, keterbatasan keterampilan, kurangnya peralatan produksi, serta kendala dalam pemasaran produk. Pendampingan yang dilakukan berhasil mengatasi sebagian besar kendala tersebut dengan meningkatkan efisiensi produksi, memperbaiki kualitas produk, dan memperluas jangkauan pemasaran melalui platform digital. Program ini berdampak  positif  terhadap  peningkatan  pendapatan  masyarakat, pengurangan limbah bahan baku, serta memperkuat keberlanjutan usaha berbasis potensi lokal. Model pemberdayaan ini diharapkan dapat direplikasi di desa-desa lain untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

 Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Desa Berkelanjutan, Pengolahan Mangga, Keripik Mangga, Pemasaran Digital


Kata Kunci


Pemberdayaan Masyarakat, Desa Berkelanjutan, Pengolahan Mangga, Keripik Mangga, Pemasaran Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariffin, A. S., Baqutayan, S. M. S., & Mahdzir, A. M. (2020). Enhancing women entrepreneurship development framework: Policy & institution gap and challenges in the case of Malaysia. Perdana School of Science, Technology and Innovation Policy, Universiti Teknologi Malaysia Malaysia, 3(2), 1–12. http://jostip.org/index.php/jostip/article/view/57

Banihani, M. (2020). Empowering Jordanian women through entrepreneurship. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 22(1), 133–144. https://doi.org/10.1108/JRME-10-2017-0047

Ghouse, S. M., Durrah, O., & McElwee, G. (2021). Rural women entrepreneurs in Oman: problems and opportunities. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 27(7), 1674–1695. https://doi.org/10.1108/IJEBR-03-2021-0209

Kania, I., Anggadwita, G., & Alamanda, D. T. (2021). A new approach to stimulate rural entrepreneurship through village-owned enterprises in Indonesia. Journal of Enterprising Communities, 15(3), 432–450. https://doi.org/10.1108/JEC-07-2020-0137

Kuran, O., & Khabbaz, L. (2024). Stakeholder dynamics in rural Lebanese women’s entrepreneurship. Journal of Enterprising Communities, 2004. https://doi.org/10.1108/JEC-

01-2024-0006

Moral, I. H., Rahman, M. M., Rahman, M. S., Chowdhury, M. S., & Rahaman, M. S. (2024).

Breaking barriers and empowering marginal women entrepreneurs in Bangladesh for sustainable economic growth: a narrative inquiry. Social Enterprise Journal, 20(4), 585–610. https://doi.org/10.1108/SEJ-04-2023-0050

Sahu, T. N., Agarwala, V., & Maity, S. (2024). Effectiveness of microcredit in employment generation and livelihood transformation of tribal women entrepreneurs: evidence from PMMY. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 36(1), 53–74. https://doi.org/10.1080/08276331.2021.1928847

Sari, Ratna Deli;, Hersusetiyati;, Ekaputra, A. E., & Ihwani, N. (2024). Integrating TAM, Trust and Perceived Risk Factors on Emerging-Market Consumers’ Attitude Towards Shopping for Muslim Fashion Online. Sinergi International Journal of Management and Business,

2(3), 148–158. https://doi.org/10.61194/ijmb.v2i3.244

Sari, Ratna Deli. (2023). Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen Pada Kualitas, Kemasan, Varian Rasa dan Merek Produk Kerupuk Melarat di Desa Belendung Karawang Ratna Deli Sari. Journal on Education, 06(01), 4543–4551.

Shkabatur, J., Bar-El, R., & Schwartz, D. (2022). Innovation and entrepreneurship for sustainable development: Lessons from Ethiopia. Progress in Planning, 160(May), 100599. https://doi.org/10.1016/j.progress.2021.100599

Sikki, N., Hersusetiyati, Zaelani, P. I., Sari, R. D., & Al, E. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Teknologi untuk Pengolahan Kripik Mangga Gedong Gincu di Desa Jembarwangi, Sumedang. Jurnal Trimas, 4(2).

Sikki, N., & Sedarmayanti. (2024). Membangun dan Mengembangkan Pemberdayaan Perempuan yang Berkelanjutan Di Era Digital (1st ed., Vol. 11, Issue 1). Deepublish.

.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/

305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Vossenberg, S. (2013). Working Paper No . 2013 / 08 Women Entrepreneurship Promotion in Developing Countries : What explains the gender gap in entrepreneurship and how to close it ?

Vukovic, D. B., Petrovic, M., Maiti, M., & Vujko, A. (2023). Tourism development, entrepreneurship and women’s empowerment – Focus on Serbian countryside. Journal of Tourism Futures, 9(3), 417–437. https://doi.org/10.1108/JTF-10-2020-0167

Yudhira, A. (2021). Analisis Perkembangan Financial Technology (Fintech) Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Value, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.118


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License