Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penguatan Lembaga Kelurahan dan UMKM Berbasis IPTEK

Rizki Dwi Romadhona, Elsha Dewi Anggraini, Sevira Agustin Aryadi

Sari


 ABSTRAK 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pada saat pelaksanaan program KKN di LIngkungan Papringan dan Kebonsari Kelurahan Jegu Kabupaten Blitar. Ada 7 program yang dilakukan. Secara umum bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat melalui penguatan lembaga kelurahan dan UMKM berbasis IPTEK. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu bulan, hasil yang tercapai telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelaksanaan kegiatan mendapatkan respon positif dari Perangkat dan Masyarakat. Hal tersebut ditunjukkan dengan partisipasi dan kontribusi aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan rata rata memiliki capaian indicator sebesar 76% keberhasilan. 

Kata kunci: KKN, pemberdayaan masyarakat, penguatan lembaga 

ABSTRACT 

This Community Service activity was conducted during the implementation of the Community Service Program (KKN) in the Papringan and Kebonsari areas of the Jegu Village in Blitar Regency. There were 7 programs carried out, generally aimed at empowering the community through strengthening village institutions and technology-based SMEs (Small and Medium Enterprises). Based on the monitoring and evaluation of a series of activities carried out over one month, the results achieved were in line with expectations. The implementation of the activities received positive responses from both the officials and the community, as evidenced by active participation and contribution in each conducted activity. On average, the activities achieved an indicator score of 76% success. 

Keywords: KKN, Community empowerment, institutional strengthening 


Kata Kunci


KKN, pemberdayaan masyarakat, sosialisasi pupuk cair.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sucipto, N. R., & Sutarto, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit Di LKP Elisa Tegal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 140.

Kemal, I. (2022). Meningkatkan Pendidikan Proses Belajar Mengajar Anak-Anak Di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Labuhan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 634–640. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1941.

Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645–650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727.

Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4122%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4122/pdf.

Mahendra, M., Azizah, A. N., & ... (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan TPA dan Posyandu Balita di Desa Ngadirejo. Proceeding …, 231–235. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/nhcos/article/view/1184%0Ahttps://proceedings.ums.ac.id/index.php/nhcos/article/download/1184/1159.

Saharuddin, S. (2017). Pengabdian KKN-PPM Desa Wonorejo Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.35906/jipm01.v1i1.243.

Hariana, H., Mardin, H., & Lasalewo, T. (2021). Peranan Mahasiswa Kkn Dalam Melaksakanan Kegiatan Tambahan Di Lokasi Pengabdian Desa Botuwombato. Jurnal Abdimas Terapan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.56190/jat.v1i1.3.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Â