Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Siswa

Rizky Agassy Sihombing

Sari


ABSTRAK 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa program Kampus Mengajar yang dilakukan di SMP Swasta Bina Satria Medan. Kegiatan PkM tersebut memberi perubahan dalam bidang mengajar, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah. Peserta didik dapat belajar dengan aktif dan semangat belajar yang tinggi, baik di dalam kelas, maupun di luar kelas. Pada kegiatan PkM ini juga diberikan informasi yang tidak dapat mereka dapatkan di dalam sekolah dengan melakukan sosialisasi salah satunya mengenai dampak penggunaan teknologi kepada mereka. Diharapkan ke depannya agar sekolah dapat mengembangkan program pendidikan yang baik dan dapat meningkatkan mutu di sekolah. Guru bisa lebih aktif dan kreatif dalam memberikan pelajaran atau melakukan Kegiatan Belajar Mengajar dengan lebih menarik dan memasukkan unsur literasi dan numerasi di dalam mata pelajaran dan materi yang sesuai. 

Kata kunci: Kampus Mengajar, Merdeka Belajar, Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi 

ABSTRACT 

This community service activity takes the form of the "Kampus Mengajar" program conducted at Bina Satria Private Junior High School in Medan. The PkM activity brings about changes in the areas of teaching, technology adaptation, and school administration. Students are able to actively engage in learning with high enthusiasm, both inside and outside the classroom. The PkM also provides information that students may not acquire within the school, including socialization about the impact of technology on their lives. It is hoped that in the future, schools can develop effective educational programs that enhance the quality of education. Teachers can become more active and creative in delivering lessons or engaging in teaching and learning activities in a more interesting manner, incorporating elements of literacy and numeracy into relevant subjects and materials. 

Keywords: Kampus Mengajar, Merdeka Belajar, Literacy, Numeracy, Technology Adaptation 


Kata Kunci


Kampus Mengajar, Merdeka Belajar, Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 104-114.

OECD. (2013). PISA 2012 Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2), 102-107.

Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian: Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2), 100-105.

Sari, M. R. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38-50.

Mustaghfiro, S. (2020). Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Edureligia, 4(1), 3-5.

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126-136.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075-1090.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Waldi, A., Putri, N., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284-292.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Etika, E. D., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P., & Maida, D. R. A. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 281-290.

Rismauli, J., Munthe, B., Herman., Jufri., & Gustinawati. (2022). Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 201-206.

Wahyuningsih. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. PROSANDIKA: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 351-359.

Hardinata, A., Djulia, E., Bukhari, I., & Siregar, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Literasi Sains Dan STEM Calon Guru IPA Melalui Lesson Study Pada Matakuliah Bahasa Inggris Untuk IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(4), 89-94.

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 05(01), 67-76.

Octavia, S. C., Sihombing, R.A., Destine, K. T., & Hutagalung, J. F. (2022). Analysis of Obstacles on Limited Face-To-Face Learning During the Covid-19 Pandemic Junior High School in Medan. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 18-28.

Panggabean, F. T. M., Simanjuntak, L. A., Sihombing, R. A., Octavia, S. C., & Tambunan, J. (2023). Analysis of 7th-grade Students' Misconceptions of Acid-Base. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 8(1), 1-7.

Sihombing, R. A., Manurung, G. A., & Simanjuntak, L. A. (2022). Analysis Implementation of Technological Pedagogical Content Knowledge by Science Teachers Through Distance Learning at Junior High School in Medan. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 13(2), 214-230.

Manurung, G. A., Simanjuntak, L. A., & Sihombing, R. A. (2021). Misconceptions On the Concept of Photosythesis and Plant Respiration for Class VIII at SMP Negeri 27 Medan In Science Learning. Indonesian Science Education Research (ISER), 3(2), 12-19.

Trismawati., Astuti, A. P., Bahri, M. S., Basit, A., Indrati, W., Putri, F. R. A., Novitasari, R. (2022). Adaptasi Teknologi Informasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Keberhasilan Pembelajaran Daring di SDN Sumber Wetan 1 Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 46-50.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 66-73.

Safaringga, V., Lestari, W., D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–25.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Alamat redaksi dan tata usaha:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Nasional Bandung
Fakultas, Gedung 14 Lantai 2
Jl. PHH. Mustapa 23 Bandung 40124
Tlp. 022-7272215 Pes. 159, Fax. 022-7202892,
e-mail: rekakarya@itenas.ac.id


Terindeks:

 


 STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

 

Lihat Statistik Pengunjung

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Â