Kajian Pengaruh Penggunaan Sistem Struktur Shearwall terhadap Efektifitas Ruang-Ruang Apartemen Nirvana

Raksa Rachman Wijaya, Arya Firman Heryadi, Gilar Sabilarosyad

Sari


Abstrak

Tatanan ruang yang efektif, yang dikarakterisasikan oleh ruang-ruang yang kecil dan variatif, sangat penting dalam merancang suatu apartemen. Pemilihan jenis struktur sangat penting dalam merancang ruang dalam yang efektif, sehingga pemilihan struktur shearwall menjadi salah satu alternatif dalam rancangan apartemen berlantai banyak.

Kajian seminar arsitektur ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami serta menganalisis nilai efektifitas ruang-ruang dalam pada apartemen yang dipengaruhi oleh sistem struktur yang digunakannya. Studi kasus apartemen yang dipilih adalah apartemen yang menggunakan struktur shearwall sebagai struktur utama bangunan.

Kajian dilakukan dengan cara menganalisa nilai-nilai efektifitas (standar furniture, adaftif, layout denah) sebagai parameter yang menjadi tolak ukur dalam menganalisis ruang-ruang apartemen Nirvana, Kemang, Jakarta, yang menggunakan sistem struktur shearwall. Apartemen Nirvana memiliki lahan yang memanjang dan bangunan yang ramping dengan jumlah lantai 14 lantai, serta menggunakan sistem struktur shearwall yang berfungsi untuk menahan beban gempa dan mendukung bangunan  berlantai  banyak.

Kata Kunci : Apartemen, Shearwall, Efektifitas Ruang.

Abstract

Effective space ordering, characterize by small varies spaces, is very crucial on apartement design. Apartement design which has huge numbers of floors will eventually reconsider how to choose structures types to achieve the most effective solution on space ordering. Therefore, shearwall structure is one of the alternatives on apartement design.

Shearwall sructure study main pupose is to analyze the effective values of apartement small space which has been presented in the architecture seminar subject. Writer choose Nirvana apartement of Kemang, Jakarta, due to its shearwall structure system.

The study mainly done by analyzing effective values (standard furniture, adaftive, space layout) as parameters to acknowledge the effective values of small spaces. Nirvana apartement has a long croos sectional area which makes the building slim with 14 levels of floors. Shearwall structure has been planted as the base structure due its supporting values and safety reason local earthquake.

Keywords: Apartment, Shearwall, The Effectiveness Of Space.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v2i1.448

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592

Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

  


Kerja Sama :

aptari  IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License