Penerapan Bangunan Masjid Terhadap Tipologi Arsitektur Modern Pada Studi Kasus Masjid Jammi Al-Multazam Cherry Field Bandung

Udjianto Pawitro, Ima Fatila, Riyan Rahmanto, Alvida Auliana Ali

Sari


Abstrak

 

Agama Islam adalah kepercayaan yang dianut oleh mayoritas penduduk di Indonesia. Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2017, di Kota Bandung umat Islam berjumlah 2.214.320 orang.
Prinsip desain awal masjid pada jaman dahulu berbentuk seperti Masjid Jammi Al Multazam yang memiliki bentuk dasar bangunan kubus yang sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metoda Primer yang dilakukan untuk memperoleh data secara langsung dan sesuai dengan kondisi sebenarnya dengan cara observasi dan wawancara. Metode Sekunder ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai bangunan yang menjadi studi kasus. Analisis dilakukan berdasarkan aspek asitektur modern yang mengacu pada data observasi dilapangan. Data analisis tersebut dapat menyimpulkan bahwa Masjid Jammi Al Multazam ini dapat dikategorikan ke dalam bangunan dengan konsep Arsitektur Modern yang berdasarkan pada Tipologi Arsitektur Modern, karena bangunan ini memenuhi kriteria pada konsep Cubism, De Stijl, Functionalism, Rationalism, dan International Style.

 

Kata kunci : Masjid, Tipologi, Arsitektur Modern.




DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v8i1.3694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592 

Diterbitkan oleh :

Program Studi Arsitektur,  Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat :  Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151)  Fax. 7202892

Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

     


Kerja Sama :

aptari IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License