Adaptive Reuse pada Bangunan The Centrum Bandung Ditinjau dari Nilai Arsitektural

Dian Duhita, Pamela Fadhilah Sakti, Acellia Ivena Riza, Tia Inten Diana, Andri Sulistiady Kuswandy

Sari


ABSTRAK
Bangunan The Centrum merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang harus dilestarikan. Salah satu upaya pelestarian bangunan cagar budaya adalah konservasi dengan cara adaptive reuse. Cara ini diterapkan pada bangunan The Centrum Bandung yang sebelumnya berfungsi sebagai kolam renang lalu berubah fungsi menjadi restoran dan wedding venue.
Objek studi dalam analisa ini adalah penerapan adaptive reuse pada bangunan The Centrum Bandung yang dikaji menggunakan metode deskriptif komparatif, yaitu dengan membandingkan teori adaptive reuse dengan perubahan yang terjadi pada bangunan The Centrum Bandung. Lingkup dari analisa ini diambil berdasarkan teori adaptive reuse yang ditekankan pada perubahan arsitektural dan peraturan daerah tentang bangunan cagar budaya.
Hasil dari analisa ini disajikan dalam bentuk tabel perbandingan antara bangunan lama dengan bangunan yang sudah dilakukan penerapan adaptive reuse, dan hasil perbandingan tersebut dikaji dengan regulasi.
Kata kunci: Bangunan Cagar Budaya, Konservasi, Adaptive Reuse, Regulasi.

ABSTRACT
The Centrum is one of cultural heritage building that must be preserved. One method to preserve cultural heritage building by using Adaptive Reuse. Adaptive Reuse is a method that applied to The Centrum that functined previously as a swimming pool and changed function into a restaurant and wedding venue.
The object study in this analysis is the application of Adaptive Reuse in The Centrum by using comparative descriptive method, through comparing the Adaptive Reuse theory with the Changes that occur in The Centrum. The scope of this analysis is based on the adaptive reuse theory that emphasizes the architectural changes and regulations of cultural heritage buildings.
The results of this analysis presented in comparison table of previous building and the building that had been implemented adaptive reuse and the results of the comparison are reviewed by regulation.
Keyword: Cultural Heritage Building, Conservation, Adaptive Reuse, Regulation

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v6i2.3643

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592

Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

  


Kerja Sama :

aptari  IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License