Desain Pola Sirkulasi dan Tatanan Massa pada Kawasan Resort Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey

Nathalia Nathalia, Maulana Yusuf A. W., Shaela Gunawan, Andri Sopiandi

Sari


ABSTRAK
Sirkulasi menggambarkan sebuah pola pergerakan baik kendaraan maupun manusia disekitar tapak atau bidang yang bisa mempengaruhi pergerakan atau kegiatan disekitarnya. Massa sebagai elemen site yang dapat tersusun dari massa berbentuk bangunan dan vegetasi, kedua-duanya baik secara individual maupun kelompok menjadi unsur pembentuk ruang outdoor. Ruang luar adalah sebuah ruang yang terbentuk oleh batas horizontal (bawah bentang alam) dan batas vertical (massa bangunan atau vegetasi).
Glamping Lakeside merupakan sebuah kawasan resort dengan beberapa macam fungsi yang tersedia di dalamnya. Pola sirkulasi pada kawasan resort Glamping Lakeside Rancabali terbentuk dari pembukaan lahan perkebunan teh. Pola sirkulasi pada kawasan ini memperlihatkan keunikan dalam segi bentuk maupun material yang digunakan. Massa bangunan terletak di sepanjang jalan atau jalur sirkulasi di dalam kawasan Glamping Lakeside Rancabali. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metoda deskriptif kualitatif yaitu untuk mendapatkan teori yang digunakan dan metoda kuantitatif untuk menunjukkan perbandingan yang ada pada studi literatur dan data objektif yang didapat dari kawasan yang diteliti.
Kata kunci: sirkulasi, tatanan massa, resort, Glamping Lakeside Rancabali

ABSTRACT
Circulation describes a movement of a pattern both vehicle or human around the field that affect the movement or activity around it. Mass as a site element that composed by building mass and vegetation, both of them individually or group become the form element of outdoor space. Outdoor space is a space that formed by horizontal border (below the landscape) and vertical border (building mass or vegetation).
Glamping Lakeside is a resort area with various function inside. Circulation pattern of Glamping Lakeside Rancabali Resort Area formed by opened the tea plantation. The pattern shows the unique side as well as the used of the material. The building mass is located along the way or the circulation path inside Glamping Lakeside Rancabali Resort Area. The research use qualitative method to get the theory and quantitative method to compare the literature and the objective data from the research area.
Keywords: circulation, mass building, resort, Glamping Lakeside Rancabali

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v6i3.3635

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN elektronik 2338-6592

Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id


Terindeks :

  


Didukung Oleh :

  


Kerja Sama :

aptari  IAI-Jawa Barat



Jurnal ini terlisensi oleh  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License