Penerapan Arsitektur Bioklimatik Pada Save Earth Education Theme Park Di Situ Cileunca, Pangalengan
Sari
ABSTRAK
Arsitektur bioklimatik tidak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga terhadap penghuni bangunan. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana prinsip-prinsip arsitektur bioklimatik dapat diterapkan dalam konteks taman edukasi lingkungan. Penerapan arsitektur bioklimatik dapat memberikan manfaat dalam mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan efisiensi energi, dan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pengunjung. Berbagai strategi seperti pemanfaatan energi matahari, ventilasi alami, penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan, dan pengaturan tata letak yang memaksimalkan ketersediaan cahaya alami diimplementasikan dalam desain theme park ini. Theme park ini berfungsi sebagai sarana pendidikan tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis komprehensif terhadap proyek-proyek arsitektur bioklimatik yang telah direalisasikan. Dengan demikian, penerapan arsitektur bioklimatik dalam Save Earth Education Theme Park tidak hanya memberikan manfaat lingkungan yang signifikan, tetapi juga berkontribusi pada kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan pelestarian alam. Memberikan pandangan tentang bagaimana arsitektur bioklimatik dapat diterapkan dalam proyek-proyek rekreasi dan pendidikan yang bertujuan untuk menginspirasi kesadaran lingkungan dan bertindak sebagai model untuk pembangunan berkelanjutan di masa depan.
Kata kunci: bioklimatik, edukasi, theme park
ABSTRACT
Bioclimatic architecture not only has a positive impact on the environment, but also on the occupants of the building. The purpose of the research is to analyze how the principles of bioclimatic architecture can be applied in the context of an environmental education park. The application of bioclimatic architecture can provide benefits in reducing environmental impacts, increasing energy efficiency, and creating a comfortable environment for visitors. Various strategies such as the utilization of solar energy, natural ventilation, the use of environmentally friendly building materials, and layout arrangements that maximize the availability of natural light are implemented in the design of this theme park. This theme park serves as a means of education about the importance of environmental conservation. The research method used is a literature study and a comprehensive analysis of bioclimatic architecture projects that have been realized. Thus, the application of bioclimatic architecture in Save Earth Education Theme Park not only provides significant environmental benefits, but also contributes to public awareness about climate change and nature conservation. Provides a view on how bioclimatic architecture can be applied in recreational and educational projects that aim to inspire environmental awareness and act as a model for future sustainable development.
Keywords: bioclimatic, education, theme park.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Priyanto Rahmat, Syarifuddin Didin, Martina Sopa. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Abdimas BSI. Vol 1 No.1. 32-38.
Sinaga Rosarie B. (2020). Taman Hiburan Tematik Air di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjung Pura. Vol 8 No.1. 74-92.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Sekretariat Negara. Jakarta.
Hildayanti Andi, Wasilah. (2022). Pendekatan Arsitektur Bioklimatik Sebagai Bentuk Adaptasi Bangunan Terhadap Iklim. National Academic Journal of Architecture Vol 9 No. 1, 29-41.
Handoko P. S. Jarwa. (2019). Prinsip Desain Arsitektur Bioklimatik Pada Iklim Tropis, Langkau Betang: Jurnal Arsitektur Vol 6 No.2.
Suwarno Natalia dan Ikaputra. (2020). Arsitektur Bioklimatik: Usaha Arsitek Membantu Keseimbangan Alam dengan Unsur Buatan. Jurnal Arsitektur Komposisi Vol 13 No. 2.
Megawati Lia Amelia dan Akhmad Akromusyuhada, Pendekatan Arsitektur Bioklimatik Pada Konsep Bangunan Sekolah Hemat Energi. (2018). Prosiding Seminar Nasional Unimus, Volume 1.
Elyawati. (2021). Dampak Kerusakan Lingkungan terhadap Bencana Alam (Studi Kasus di Rintisan Desa Wisata Wonosoco Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus). Journal of Social Science and Teaching Vol 5 No. 1.
DOI: https://doi.org/10.26760/rekakarsa.v11i2.10041
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN elektronik 2338-6592
Diterbitkan oleh :
Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 17 Lantai 1 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 151) Fax. 7202892
Email : rekakarsa@itenas.ac.id
Terindeks :
Didukung Oleh :

Kerja Sama :
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



