PENGUKURAN PERFORMANSI BERDASARKAN MBCfPE PADA KATEGORI FOKUS TENAGA KERJA SERTA KATEGORI HASIL FOKUS TENAGA KERJA DI YAYASAN PENDIDIKAN X
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja secara menyeluruh dan mengidentifikasi kelemahan yang harus diperbaiki Yayasan Pendidikan X melalui pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). Penelitian ini membahas mengenai salah satu kategori pada MBCfPE yaitu fokus tenaga kerja. Tahapan penilitian dimulai dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan peeriksaan dokumen, dilanjutkan dengan membuat profil organisasi dan dokumen aplikasi. Kemudian Dokumen aplikasi mengenai proses direview dan dinilai. Pada penelitian ini didapatkan skor untuk kategori proses fokus tenaga kerja Yayasan BPI sebesar 23,5 dari 85 poin dan skor hasil fokus tenaga kerja sebesar 25,5 dari 85 poin. Nilai keseluruhan kategori MBCfPE Yayasan Pendidikan X sebesar 278 poin dari nilai total ekselen 1000 poin dan berada pada tingkatan kinerja “early resultâ€.
Kata kunci: Pengukuran Kinerja, MBCFPE, Fokus Tenaga Kerja
AbstractThis study aimed to measure the overall performance and to identify weaknesses that should be improved by Education Foundation X using Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). This study discussed about Workforce Focus process and result category on MBCfPE. The research begins by collecting data through interviews and document checking, followed by creating Organizational Profile and Document Application. Then, Document Application about workforce focus process was reviewed and scored. The result showed that the score for workforce focus process category for Education Foundation X is 23,5 out of 85 points and workforce focus result category is 25,5  out of 85 points. The overall score category for Yayasan BPI is 278 points out of total score of excellence 1000 points, which is at the level of performance “early resultâ€.
Keywords: Performance Measurement, MBCfPE, Workforce FocusTeks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.