USULAN RANCANGAN PENGEMBANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PEJABAT STRUKTURAL AKADEMIK DAN PEGAWAI DI ITENAS

Kerry Kadri, Abu Bakar, Yoanita Yuniati

Sari


Penelitian ini membahas tentang sistem pengukuran kinerja yang kurang efektif di lembaga pendidikan Institut Teknologi Nasional (Itenas). Sistem pengukuran yang saat ini dilakukan hanya kepada pegawai administrasi, karyawan, dan dosen. Namun indikator pengukuran tidak terkait dengan tuntutan pekerjaan melainkan hanya pengukuran kompetensi dan indikator masih sama untuk level jabatan yang sama. Selain itu tidak dilakukan pengukuran kepada pejabat struktural akademik. Pada penelitian ini dilakukan rancangan pengembangan sistem pengukuran kinerja untuk pejabat struktural akademik dengan indikator pengukuran terkait pada capaian renstra dan untuk pegawai administrasi dengan indikator pengukuran terkait pada deskripsi kerja. Selain itu dilakukan pengukuran kompetensi dengan indikator terkait pada nilai-nilai Itenas.

Kata Kunci: Sistem manajemen kinerja, sistem pengukuran kinerja, indikator pengukuran kinerja, rencana strategis, deskripsi kerja, kompetensi.

 

ABSTRACT

This research discuss concerning the uneffective performance measurement in Itenas. Current performance measurement only done to administrative employees, workers, and lecturers. But, the measurement indicators are not related to employees job description but only to competencies and it applies the same to all positions that have the same level. This research is to develop the performance measurement for academic structural officials with indicators related to strategic planning achievements and for administrative employees with indicators related to job description achievements. In addition, there is also competency measurement with indicators related to Itenas values.

Keywords: performance management, performance measurement, indicator, strategic planning, job description, competency.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.