USULAN PERBAIKAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK UBIN TERASO PADA PT. UBIN ALPEN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kerugian yang terjadi karena adanya produk cacat pada pembuatan ubin di PT. Ubin Teraso.  Metode Six Sigma dipakai untuk mencari solusi dan memperbaiki kualitas produk. Berdasarkan perhitungan terhadap data produk cacat, diketahui bahwa  cacat  retak dan cacat bagian tepi merupakan dua jenis cacat dengan jumlah tertinggi. Berdasarkan analisa dengan menggunakan Process Decision Program Chart (PDPC) untuk  mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya  dua jenis  cacat tersebut , diusulkan 6 tindakan perbaikan, namun oleh perusahaan hanya diijinkan untuk menerapkan 5 usulan yang diajukan. Hasil perhitungan DPMO dan nilai sigma sebelum perbaikan adalah sebesar 37761,905 dan  3,280 setelah perbaikan DPMO turun menjadi 14791, 667 dan nilai sigma naik menjadi 3,680.
Â
Kata kunci : Perbaikan kualitas, DPMO, six sigma, PDPC.
Â
ABSTRACT
This study aims to reduce the losses that occur due to  defective products in the manufacture of tiles in PT. Terrazzo tiles. Six Sigma method used to find solutions and improve the quality product. Based on the calculation of defective products data, it is known that cracks defects and edge defects are two types of defects with the highest number. Based on the analysis of the causes of defect using Process Decision Program Chart (PDPC) to determine the factors that caused of two types of defects, 6 corrective actions was proposed, but the company only permitted to apply five actions.  The result of calculation of DPMO and sigma value before repairs was  37761.905 and 3,280, while after improvement the DPMO dropped to 14 791, 667 and sigma value increased to 3,680.
Keywords: Improved quality, DPMO, six sigma, PDPC.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.