JADWAL PRODUKSI PRODUKCOMBINATION DOUBLE WINDLASS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SHIFTING BOTTLENECK HEURISTIC UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN DI PT PINDAD (Persero)

Dzakiy Sulaiman, Emsosfi Zaini, Arnindya Diar M

Sari


Makalah ini membahas algoritma penjadwalan job shop shifting bottleneck heuristic untuk meminimisasi makespan. Algoritma ini dilakukan dengan cara menjadwalkan mesin satu per satu. Algoritma ini pada dasarnya dibentuk dari graph yang terdiri dari simpul-simpul yang menunjukkan operasi. Graph tersebut dihubungkan dengan busur conjunctive yang menghubungkan operasi-operasi yang dikerjakan dalam job yang sama, dan busur disjunctive menghubungkan operasi-operasi yang dikerjakan dalam mesin yang sama. Berdasarkan hasil penjadwalan produksi pembuatan combination double windlass dengan menggunakan algoritma shifting bottleneck heuristic, diperoleh makespan sebesar 3.996 menit.

 

Kata kunci: Job shop, shifting bottleneck heuristic, makespan

 

ABSTRACT

This paper discusses the scheduling algorithm of job shop shifting bottleneck heuristic for the makespan minimization. This algorithm is done by scheduling the machine one by one. This algorithm is essentially formed of a graph consisting of nodes that indicate the operation. The graph associated with conjunctive arcs connecting operations are done in the same job, and the disjunctive arcs connecting operations are performed in the same machine. Based on the results of scheduling the production of the combination double windlass by using shifting bottleneck heuristic algorithm, makespan obtained for 3.996 minutes.

Keywords: Job shop, shifting bottleneck heuristic, makespan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.