STRATEGI PENGEMBANGAN UKM TEPUNG MOCAF CV. KARUNIA MAHA CIPTA MENGGUNAKAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI
Sari
Penelitian ini membahas strategi pengembangan UKM tepung MOCAF CV. Karunia Maha Cipta dengan menggunakan matriks perumusan strategi. Perkembangan CV. Karunia Maha Cipta belum baik dan terancam tutup, sehingga perlu dirancang strategi untuk mengembangkan bisnisnya. Tahap awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UKM. Setelah mendapatkan informasi mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari hasil wawancara kepada pengelola CV. Karunia Maha Cipta, selanjutnya dilakukan analisis matrik IFAS, EFAS, IE, SWOT, dan QSPM untuk menentukan strategi pengembangan bisnis. Dari hasil penelitian, strategi pengembangan untuk CV. Karunia Maha Cipta adalah meningkatkan produksi pada skala yang ekonomis sehingga menurunkan biaya perunit, meningkatkan kualitas produk dan pelayanan konsumen, dan meningkatkan kegiatan promosi.
Â
Kata Kunci: Perumusan Strategi, Strategi UKM, Pengembangan UKM
Â
ABSTRACT
This paper discusses about business development strategies MOCAF flour CV. Karunia Maha Cipta using formulation strategy matriks. The development CV. Karunia Maha Cipta is not good and threatened to bankruptcy. So it needs to be designed strategy for business development. Strategy analysis is done by analyzing the UKM factors. After getting information about strenghts, weaknesses, opportunities and threats of the interview to the manager of CV. Karunia Maha Cipta, the performed of analysis matrix IFAS, EFAS, IE, SWOT, and QSPM to determine business development strategy. The result of research suggest CV. Karunia Maha Cipta for increase production on an economical scale, improve product quality and customer service, and increase promotional activities via social media and exhibitions in the province of west java.
Keywords: Strategy Formulation, Strategy of UKM, Development of UKM
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.