PENENTUAN JUMLAH MEKANIK DAN STASIUN KERJA SERVICE BENGKEL PT. X DENGAN PEMODELAN SIMULASI
Sari
Industri jasa harus memprioritaskan kepuasan pelanggan dalam layanan yang diberikan. PT. X adalah bengkel yang memberikan layanan servis kendaraan bermotor merek tertentu, yakni non matic, matic, CBU dan sport. Layanan bengkel kendaraan bermotor adalah sistem yang cukup kompleks. Hal ini terjadi antara lain karena variasi jenis layanan yang diminta konsumen, perbedaan waktu layanan yang dibutuhkan, dan pola kedatangan konsumen yang berfluktuasi. Salah satu sumber daya utama bengkel adalah tenaga teknisi. Saat ini untuk menyelenggarakan service bagi produk service easy, service medium dan service hard,terdapat dua fenomena yang terjadi. Terdapat suatu periode dimana sejumlah besar pelanggan mengantri dan pada periode yang lain sejumlah tenaga teknisi yang menganggur. Kedua hal tersebut perlu diantisipasi oleh PT.X guna memelihara kepuasan pelanggan dan juga menekan ongkos yang harus dikeluarkan untuk teknisi yang idle. Makalah ini menyajikan model simulasi pelayanan bengkel PT.X, yang meliputi servis ringan, servis menengah dan servis berat bagi kedua jenis kendaraan bermotor tersebut. Model simulasi dikembangkan menggunakan perangkat lunak ARENA. Ukuran kinerja sistem yang digunakan adalah panjang antrian rata-rata dan utilisasi mekanik rata rata. Sesuai dengan target kinerja yang ditetapkan oleh pihak manajemen, maka solusi yang diusulkan sebagai hasil simulasi adalah penambahan 1 orang mekanis untuk non matic-matic dan 2 orang mekanik untuk CBU-Sport. Di samping itu juga diusulkan pada perioda beban puncak untuk mempekerjakan mekanik paruh waktu .
Kata Kunci : Bengkel, Mekanik, Sepeda Motor, Pemodelan Simulasi, ARENA
Â
ABSTRACT
Service industries must prioritize customer satisfaction in their services provided. PT. X is a workshop that provides a motor vehicles services for a particular brand of motor vehicles, ie. Non matic, matic,CBU dan Sport. A motor vehicle workshop services is quite a complex system. This happens partly because of various services type requested, difference services times required, and the fluctuation patterns of consumer arrival. One of the main workshop resources are mechanics. Currently there are two phenomena that occur. First, there is a period where a large number of customers waiting in line and secondly a number of technicians are idled at another period. Both of these condition need to be anticipated by PT.X in order to maintain customer satisfaction and idle technicians cost consideration. This paper presents a simulation model of PT.X workshop services, which include mild, medium and heavy service for both types of motor vehicle. The simulation model developed using software ARENA. System performance measures used is the average queue length and average mechanical utilization. In accordance with the performance targets set by the management, the solutions proposed as a result of the simulation is the addition of one mechanical to non-matic-matic and two mechanics to CBU-sport. In addition, it is also proposed to employ part time mechanics in peak load periods.Keywords: Garage Services, Mechanic, Motorcycle, Simulation Modeling, ARENA
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.