PERANCANGAN PRODUK TAS RANSEL ANAK MENGGUNAKAN METODE THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ)

Ferdian Ramos, Caecilia Sri Wahyuning, Arie Desrianty

Sari


Tas ransel untuk anak sekolah yang memiliki desain yang menarik tidak sepenuhnya aman, banyak diantaranya tidak memiliki komponen yang dapat menunjang pertumbuhan anak. Sebaliknya, tas ransel ergonomis yang terjual di pasaran memiliki desain yang kurang menarik. Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Proses pemecahan masalah dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan merancang tas ransel. Tahap identifikasi kebutuhan konsumen dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kebutuhan konsumen. Tahap perancangan tas ransel dilakukan menggunakan innovation situation questionnaire, situation model, dan  inventive principles  guna menyelesaikan masalah kontradiksi desain dan tingkat ergonomi tas ransel dengan cara yang inovatif.

 

Kata kunci: Tas ransel, TRIZ, kontradiksi desain, dan ergonomis.

 

ABSTRACT

Backpacks for school childrens that have an attractive design is not fully secure, many of it do not have components that can support the growth of the child. Instead, the ergonomic backpack are sold in the market do not have attractive design. Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) used to solve that problem. The troubleshooting process performed by identifying consumer needs and designing backpack. Consumer needs identification phase is done by spreading consumers needs questionnaire. Backpack design phase made with innovation situation questionnaire, situation model, and inventive principles in order to solve the contradiction of backpack design and level of ergonomic with an innovative way.

Keywords: Backpack, TRIZ, contradiction of backpack design and ergonomic.



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.