USULAN PENGEMBANGAN SISTEM RESERVASI ONLINE BERDASARKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI HOTEL SUMMER HILLS BANDUNG

Bambang Handoko, Rispianda Rispianda, Khuria Amila

Sari


Makalah ini membahas usulan pengembangan reservasi online berdasarkan Customer Relationship Management (CRM) di Hotel Summer Hills Bandung. Kasus yang terjadi di Hotel Summer Hills Bandung masih kurang dalam penerapan penyimpanan database, seperti data tamu dan penjualan kamar. Salah satu yang menjadi pembahasan pada penelitian ini adalah menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah tamu dalam melakukan reservasi. Selain itu, aplikasi yang dibuat harus dapat membantu pihak perusahaan dalam menjaga hubungan terhadap pelanggan untuk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Aplikasi dirancang berdasarkan Customer Relationship Management (CRM), yaitu sebuah cara bagaimana menjaga hubungan terhadap pelanggan yang baik.

 

Kata kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Website, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Management)

 

ABSTRACT

This paper discusses the proposed development of an online reservation based Customer Relationship Management (CRM) at Summer Hills Bandung. The case in Summer Hills Hotel Bandung is still lacking in the implementation of database storage, such as guest data and sales rooms. One of the discussion in this research is to create an application that can facilitate guests in making reservations. In addition, the application is made must be able to assist the company in maintaining customer relationships to create customer loyalty to the company. Applications designed based Customer Relationship Management (CRM), which is a way how to maintain good customer relations.

Keywords: Information and Communication Technology (ICT), Website, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Management)


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.