USULAN PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE AUTOMATED LAYOUT DESIGN PROGRAM (ALDEP) DI CV. KAWANI TEKNO NUSANTARA

Andryzio Andryzio, Fifi Herni Mustofa, Lisye Fitria

Sari


CV. Kawani Tekno Nusantara merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang pemesinan dan memproduksi barang-barang manufaktur. Selama ini CV. Kawani belum menggunakan konsep tata letak fasilitas yang baik. Masih terdapat jarak yang jauh antar mesin yang memiliki keterkaitan kerja akan menyebabkan bertambahnya jarak pemindahan sehingga ongkos material handling akan ikut membesar. Oleh karena itu diperlukan evaluasi mengenai tata letak fasilitas untuk membantu perusahaan dalam kelancaran kegiatan pada lantai produksi. Evaluasi dilakukan dengan  menghitung ongkos material handling dari existing layout dan usulan dengan metode yang digunakan untuk merancang ulang tata letak fasilitas adalah algoritma Automated Layout Design Program (ALDEP) dengan kriteria minimasi ongkos material handling.

Kata Kunci: Tata Letak Fasilitas, ALDEP, Ongkos Material Handling

 

ABSTRACT

CV. Kawani Tekno Nusantara is manufacturing company which produced machining and manufacturing product. Until this period CV. Kawani has not take into the good concept of make of layout system. there is still a great distance between the machines are interconnected and will lead to increased displacement distance so that the material handling costs will increased also. Therefore, company need evaluation of the plant layout to reach good operation of the production. The evaluation is calculating the material handling costs of existing and proposed layout using the algorithm Automated Layout Design Program (ALDEP) with minimization material handling costs criteria.

Keywords: Facility Layout, ALDEP, Material Handling Cost

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.