PERANCANGAN SISTEM FRANCHISE DISTRO SANDWICH BERDASARKAN ANALISIS KELAYAKAN BISNIS

Andri Satriadi, Abu Bakar, Sugih Arijanto

Sari


Peningkatan persaingan di bisnis kuliner membuat pemilik bisnis untuk terus mengembangkan usahanya. Distro Sandwich, outlet yang khusus menjual sandwich, mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Respon berupa permintaan yang meningkat untuk produk sandwich, dan para pebisnis tertarik bermitra untuk membuka cabang. Melihat peluang tersebut pemilik berkeinginan untuk mengembangkan usahanya, namun keterbatasan sumberdaya menjadi kendalanya. Penelitian ini merancang sistem franchise dan alat pemasaran yang sesuai untuk mengembangkan bisnis Distro Sandwich ini. Perancangan sistem Franchise dilakukan melalui pendekatan Analisis Kelayakan Bisnis. Hasil perancangan diperoleh rancangan untuk franchisor Distro Sandwich, rancangan untuk franchisee, dan hubungan keduanya serta marketing tools. Umur Analisis yang digunakan ialah 5 tahun, hasil yang diperoleh ialah dengan nilai biaya investasi awal Franchisor sebesar Rp. 49.000.000 menghasilkan IRR 83,9%, sedangkan untuk franchisee dengan nilai biaya investasi sebesar Rp. 15.000.000 menghasilkan IRR 97%.

Kata kunci: Distro Sandwich, Sistem Franchise, Analisis Kelayakan Bisnis

 

ABSTRACT

Increased competition in the culinary business makes bussines owners to develop its business. Distro sandwiches, specialty outlets selling sandwiches gets a positive response from the community. The responses are the form of increased demand for sandwiches, and some businessman to run the Distro sandwiches. Based on that opportunities, the owner want to develop its business, but the limitations of resources into the barriers. The final project is aimed to design systems franchise and marketing tools that are appropriate for the Distro sandwiches. The design of the system through the Business Feasibility Analysis approach. The results is a draft design of the franchisor Distro Sandwich, and design marketing tools. For 5 years age of analysis the results is with value of the initial investment cost for Franchisor is IDR 49,000,000 obtained IRR 83.9%, while for the franchisees with value of the initial investment cost is IDR 15,000,000 obtained 97% IRR.

Keywords: Distro Sandwich, Franchise system, Business Feasibility Analysis



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.