USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH MAKAN SARI BUNDO CABANG MERAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY

Muhammad Farhanul Khairan, Sugih Arijanto, Gita Permata Liansari

Sari


Salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan pada saat ini adalah usaha dalam bidang kuliner.Rumah makan Sari Bundo cabang Merak merupakan salah satu bidang usaha kuliner makanan khas Sumatra Barat.Banyaknya keluhan dari konsumen terhadap pelayanan yang diberikan, seperti tempat parkir, toilet, dan lokasi rumah makan mengharuskan pihak rumah makan agar segera memperbaikinya.Salah satu caranya dengan mengukur tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan metode Service Quality.Dari hasil pengukuran pada penelitian ini didapatkan nilai rata-rata Gap 5 sebesar -0,052 artinya konsumen secara keseluruhan merasa belum puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah makan Sari Bundo cabang Merak. Output dari penelitian ini adalah usulan perbaikan kualitas pelayanan bagi pihak rumah makan Sari Bundo cabang Merak.

Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Service Quality, Usulan Perbaikan

 

ABSTRACT

One of businesses which isquite promising at the moment is culinary businesses.Merak branch Sari Bundo restaurant is one of the field of West Sumateranese culinary.Many complaints from customers to services provided the restaurant as a parking area, toilet, and the location of restaurant, requires the management to immediately fix it. One of the ways is to measurements the level of customer satisfaction using Service Quality method. A result of measure on this research obtained average value of as much as -0,052 gap 5 witch means consumers has not been satisfied with the service given by Merak branch Sari Bundo restaurant. The output of this research is the proposed improvements the quality of service to management ofMerak branch Sari Bundo restaurant.

Keywords:Customer Satisfaction, Service Quality,The Proposed Improvements

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.