ANALISIS TINGKAT STRES DAN TINGKAT KELELAHAN MASINIS BERDASARKAN HEART RATE VARIABILITY

Diki Guspriyadi, Caecilia Sri Wahyuning, Yuniar Yuniar

Sari


Keselamatan dan keamanan kereta api tergantung dari kondisi kereta dan kinerja masinis. Perubahan pola kerja ini dapat mempengaruhi pola hidup, tingkat kelelahan, dan stres. Masinis melakukan pekerjaan pada pagi hari, siang hari, dan malam hari sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Penelitian ini membahas tentang analisis tingkat stress dan tingkat kelelahan masinis berdasarkan Heart Rate Variability (HRV). Pengukuran Heart Rate (HR) dan Heart Rate Variability (HRV) menggunakan software POLAR RS800, sedangkan parameter HRV menggunakan software KUBIOS HRV. Terdapat dua metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat stres dan tingkat kelelahan masinis, yaitu time domain analysis dan frequency domain analysis berdasarkan rute/lintasan. Rute/lintasan yang dilakukan ketika penelitian yaitu rute/lintasan Bandung-Gambir, Bandung-Banjar, dan Bandung-Cirebon. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa, rute/lintasan Bandung-Cirebon merupakan rute yang memiliki nilai rata-rata HR dan HRV masinis paling tinggi yang disebabkan oleh rintangan dari rute/lintasan dan dari faktor lingkungan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masinis mengalami kelelahan dan stress kerja yang berat.

Kata Kunci: Heart Rate, Heart Rate Variability, Time Domain Analysis, Frequency

Domain Analysis.

 

ABSTRACT

Safety and security of railway trains depending on the condition and performance of the driver. Changes in work patterns may affect lifestyle, level of fatigue, and stress. The drivers are doing work in the morning, afternoon, and evening according to a set schedule. This study discusses the analysis of the level of stress and fatigue level of the drivers based on Heart Rate Variability ( HRV ). Measurement of Heart Rate ( HR ) and Heart Rate Variability (HRV) using the software POLAR Rs800, while the HRV parameters are using the software of KUBIOS HRV. There are two methods used to analyze the levels of stress and fatigue level of the driver, the time domain analysis and frequency domain analysis based on route/track. Route/track when research is conducted route/track  Bandung-Gambir, Bandung-Banjar, and Bandung-Cirebon. The results of data processing show that, Bandung-Cirebon path is the route that has the average value of HR and HRV highest drivers caused by obstruction of the route/track and from environmental factors. This indicates that driver fatigue and stress suffered heavy work.

Keyword: Heart Rate, Heart Rate Variability, Time Domain Analysis, Frequency Domain Analysis.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.