EVALUASI BEBAN KERJA MENTAL DAN KUALITAS TIDUR OPERATOR CALL CENTER MENGGUNAKAN METODE HEART RATE VARIABILITY DAN SLEEP QUALITY INDEX

IVIA MARIZKI, Caecilia Sri Wahyuning, Arie Desrianty

Sari


Persaingan yang ketat antara perusahaan jaringan telekomunikasi, menyebabkan adanya tuntutan performansi kerja yang maksimal. Salah satu bagian yang penting pada dalam perusahaan jaringan telekomunikasi adalah call center, yang bekerja selama 24 jam dengan sistem shift. Call center  merupakan pekerjaan yang berpengaruhi terhadap beban kerja mental pekerja. Beban kerja mental timbul akibat pekerjaan dan perubahan jadwal kegiatan seperti perubahan shift kerja, yang dapat mengganggu kualitas tidur pekerja. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kualitas tidur secara  subjektif menggunakan sleep quality index dan mengukur beban mental kerja secara objektif menggunakan Heart Rate Variability. Hasil yang didapat seluruh pekerja call center memiliki score PSQI > 5 artinya kualitas tidur pekerja call center tidak baik dan tingkat beban kerja mental berdasarkan nilai parameter HRV mengidentifikasi bahwa beban kerja mental operator call center rata-rata meningkat ketika perubahan shift kerja.

Kata kunci: Shift Kerja, Heart Rate Variability, Sleep Qualitry Index

 

Abstract

 

Intense competition among telecommunication network company, led to demands for a maximum job performance. One important part of the telecommunications network company is a call center, who worked for 24 hours with shifts system. Call center is a job that uses mental effort, with consequences for the mental workload of workers. Mental workload come from work activities and schedule changes such as changes in work shifts, which can disrupt sleep quality of workers. To measured sleep quality using subjective methods of sleep quality index and mental work load were seen using objective methods of Heart Rate Variability. The results obtained throughout the call center workers have a goal PSQI score > 5 means the sleep quality of call center workers not good and the level of mental workload based on the value of HRV parameters that identify the mental workload of the operator call center increases when the shift changes.

Keyword: work shift, Heart Rate Variability, Sleep Qualitry Index

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.