JADWAL PERAWATAN OVERHEAD CRANE DENGAN MENGGUNAKAN PROPORTIONAL HAZARDS MODEL DAN TOTAL TIME ON TEST PLOTTING DI PT. BUKAKA TEKNIK UTAMA

Nadia Fatima Assarini, Hari Adianto, Fifi Herni Mustofa

Sari


Perawatan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjamin ketersediaan mesin selama proses produksi dengan meminimalkan jumlah kerusakan. Overhead crane 10 Ton (005/OHC/BRB) merupakan salah satu lifting equipment yang digunakan pada unit bisnis Passenger Boarding Bridge PT. Bukaka dan memiliki frekuensi kerusakan yang cukup tinggi. Kerusakan ini mengakibatkan proses produksi terhambat sehingga penting dilakukan penjadwalan perawatan dengan tepat. Penelitian ini akan melakukan penjadwalan dengan proportional hazards model dan total time on test plotting untuk mendapatkan jadwal perawatan dengan memperhatikan variabel dimonitor. Hasil dari penelitian ini yaitu selang waktu perawatan untuk roll current adalah 39 hari, untuk remote adalah 42 hari, dan perawatan gabungan adalah 42 hari.

Kata kunci: perawatan, proportional hazards model, total time on test plotting

ABSTRACT

Maintenance is an activity to ensure the availability of the machine during the production process with minimizing failure times. Overhead crane 10 Ton (005/OHC/BRB) is one of the lifting equipment that used at Passenger Boarding Bridge business unit of PT. Bukaka and has a fairly high frequency of failure. This failure resulted in the obstruction of production process so it is important to do a maintenance scheduling. This study will perform scheduling with proportional hazards models and the total time on test plotting for getting maintenance schedule with paying attention to the monitored variables. The results of this study is the maintenance interval for roll current which is 39 days, remote which is 42 days, and combined maintenance which is 42 days.

Keywords: maintenance, proportional hazards model, total time on test plotting



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.