USULAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK DONAT MADU BERDASARKAN PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN

Egiyardi Nosika, Hendang Setyo Rukmi, Yuniar Yuniar

Sari


Donat Madu merupakan merek donat yang terkenal di Kota Cimahi. Agar dapat memenangkan persaingan maka Toko Donat Madu harus merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik konsumen baru sehingga dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan taktik bauran pemasaran 7P yang menghasilkan atribut-atribut kue donat yang dipentingkan konsumen dalam membeli donat yang diolah dengan alat bantu multidimensional scaling proxcal. Hasil dari multidimensional scaling proxcal adalah peta persepsi untuk mengetahui pesaing terdekat Donat Madu berdasarkan persepsi konsumen yaitu donat Coffe n Friends. Selanjutnya menggunakan alat bantu multidimensional scaling alscal yang menghasilkan peta preferensi untuk mengetahui kekuatan atribut Donat Madu dibandingkan pesaingnya berdasarkan preferensi konsumen. Donat Madu unggul pada atribut variasi rasa, variasi harga, kesesuaian harga dengan kualitas, produk mudah ditemukan dan logo halal.

Kata Kunci: Donat Madu, Taktik Bauran Pemasaran 7P, Multidimensional Scaling, Perceptual Map.

ABSTRACT

Donat Madu is a well-known doughnuts brand in Cimahi. To reach the higher selling rate, Donat Madu store should be plan and make the right marketing strategy to get the more consumer that will develop higher profit for the store.  The research was conducted based on the point of marketing strategy 7P that will result the doughnuts attributes which is the consumers priority to buy the item using multidimensional scaling proxcal tools. As a result of multidimensional scaling proxcal there’s a perceptual consumers map to know the closest competitor of Donat Madu based on consumer perception that is Coffe n Friends. The next step is using multidimensional scaling alscal tools that generate preference map to know the Donat Madu attributes strength, compare to it competitor based on consumer preference Donat Madu has more strength in variation of flavors, price range, the sustainability between the price and the quality, easy to find anywhere and also has the halal certificate.

Keywords: Donat Madu, Marketing Mix 7P, Multidimensional Scalling, Perceptual map.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.