RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN SEPATU MEREK “X†DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

Handi W Kurniawan, Hendang Setyo Rukmi, Abu Bakar

Sari


Kemunculan pesaing menyebabkan penurunan penjualan sepatu casual Merek “Xâ€. Kondisi tersebut mendorong manajemen Merek “X†untuk merancang strategi pemasaran dengan melihat persepsi dan preferensi konsumen terhadap sepatu casual Merek “X†dibandingkan pesaingnya dengan metode Multidimensional Scaling. Metode ini memiliki kelebihan dapat menggambarkan jarak perbedaan satu produk dengan produk lainnya, sehingga dapat dianalisis atribut yang harus diperbaiki, untuk dijadikan acuan merancang strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan pesaing terdekat Merek “Xâ€, peringkat kepentingan atribut, dan keunggulan dan kelemahan Merek “Xâ€. Beberapa atribut yang harus diperbaiki untuk merancang usulan strategi pemasaran adalah kekuatan jahitan, kekuatan bahan, dan kesesuaian ukuran dengan standar.

Kata Kunci: Persepsi dan Preferensi, Strategi Pemasaran, Multidimensional Scaling

AbstracT

The emergence of competitors led to a decrease in sales of “X†Brand’s casual shoes. These conditions encourage “X†Brand’s management for designing a marketing strategy by looking at consumer perceptions and preferences toward “X†Brand’s casual shoes than its competitors with Multidimensional Scaling methods. The advantage of this method can describe the distance one product with another product, which can be analyzed attributes that should be fixed, to be used as a reference in designing marketing strategies. The results showed some of the attributes that should be corrected for designing the proposed marketing strategy, the closest “X†Brand’s competitor, ranking of attributes, and the advantages and disadvantages “X†Brand’s product. Attributes that need to be improved is the strength of stitching, material strength, and conformance to the standard size.

Keywords: Perceptions and Preferences, Marketing Strategy, Multidimensional Scaling


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.