USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH MAKAN “X” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY

Pratama Falih Marzuq, Dwi Novirani, Gita Permata Liansari

Sari


Pada zaman modern seperti sekarang ini khususnya di daerah perkotaan, Rumah Makan sangatlah mudah untuk ditemukan. Salah satu rumah makan yang baru didirikan di Kota Bandung adalah Rumah Makan “X”. Rumah Makan “X” baru didirikan sejak tanggal 22 Mei 2015. Rumah Makan “X” adalah rumah makan yang menyajikan berbagai macam variasi hidangan khas sunda. Sebagai salah satu rumah makan khas sunda yang baru berdiri, tentu saja Rumah Makan “X” memiliki banyak pesaing. Oleh sebab itu, Rumah Makan “X” perlu memiliki cara tersendiri agar lebih unggul dari para pesaingnya, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan. Maka dari itu, akan dilakukan penelitian dengan metode Service Quality (SERVQUAL). Metode ini digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan berdasarkan hasil analisis dari 5 kesenjangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan mengenai perbaikan kualitas pelayanan yang berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Kata kunci: Usulan Perbaikan, Kualitas Pelayanan, SERVQUAL

 

ABSTRACT

In modern times such today, especially in urban areas, restaurants are easy to find. One of the newly established restaurant in Bandung is Restaurant "X". Restaurant "X" is newly established since May 22, 2015. Restaurant "X" serves a wide variety of sundanese dishes. As one of the newly established sundanese restaurant, of course Restaurant "X" has many competitors. Therefore, Restaurant "X" needs to have its own way to be more superior than its competitors, which is by improving the quality of service. Therefore, it will be examined by a research which is using a Service Quality Method (SERVQUAL). This method is used to improve the quality of service based on the analysis of the 5 gaps. The aim of this research is to provide the improvement suggestions for the quality of service that is useful for improving customer satisfaction.

Keywords: Proposed Improvement, Service Quality, SERVQUAL

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.