Penurunan Rating Tegangan Terpasang dari 380Vac Menjadi 120Vac dengan Melilit Ulang Belitan Stator pada Motor Induksi 3 Fasa

WALUYO WALUYO, ALINDA NOVITA SARI, SYAHRIAL SYAHRIAL

Sari


ABSTRAK

Keterbatasan dimensi baterai meyebabkan kendaraan listrik membutuhkan motor penggerak dengan tegangan rendah. Dengan demikian, metoda rewinding digunakan untuk menurunkan rating tegangan dari 380Vac menjadi 120Vac dengan melilit ulang belitan stator pada motor induksi 3 phasa. Dengan mengubah jumlah belitan pada kumparan stator menjadi 160 lilitan per phasa, mengubah jumlah konduktor menjadi 960 konduktor serta mengubah ukuran diameter menjadi 0,89mm dan luas penampang tembaga pada lilitan stator menjadi 0,63mm2.Dengan melakukan pengujian didapatkan torka beban sebesar 1,8 Nm, torka starting sebesar 2,79 Nm dan torka maksimum sebesar 6,17Nm pada slip maksimum sebesar 0,2. Rugi-rugi aliran daya pada motor terdiri dari rugi-rugi lilitan stator sebesar 81,94 W, rugi-rugi celah udara sebesar 338,06W, rugi-rugi tembaga rotor sebesar 6,08W, rugi-rugi mechanic sebesar 331,98W, dan rugi-rugi rotasi atau sebesar 48,06W sehingga daya output motor sebesar 283,92W dan efisiensi motor adalah 67,6%.

Kata Kunci: kendaraan listrik, motor induksi, rewinding, torka, rugi-rugi

ABSTRACT

Limitationsof  battery dimensions, caus electric vehicles require low voltage motor. Thus, a rewinding method wasto used to reduce voltage rating from 380Vac to 120Vac with wrapped around the stator winding 3 phase induction motor. The process changed the number of turns in the stator windings per phase to 160 turns, changed the number of conductors as 960 conductors and changed into 0.89mm of diameter and cross-sectional area of copper in the stator windings into 0.63mm2. Based on the testing, the load torque was obtained as 1.8 Nm, starting torque of 2.79 Nm and maximum torque of 6.17 Nm at the maximum slip of 0.2. . The stator copper loss, air gap loss, the rotor copper loss, mechanic loss, and rotational loss were  81.94W, 338.06W, 6.08W, 331.98W, and 48.06W respectively .The power output of the motor was 283.92W and the motor efficiency after rewinding was 67.6%.

Key word: electric vehicles, induction motor, rewinding, torque, losses


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2337-439X

Ketua Editor :

Dr. Waluyo, M.T.

Editor :

1. Dwi Aryanta, Ir., M.T.

2. Arsyad Ramadhan Darlis, S.T., M.T.

3. Andre Widura, S.T., M.T.

4. Hendi Handian Rachmat, ST., MT., Ph.D.

Administrator :

Yugo Senddy P.