Penggunaan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Mobile Aplikasi Prevent (Studi Kasus: Studi Independen Alterra)

ASHZA NUR SIAM, AHMAD FAUZI

Sari


Abstrak

Proses pembuatan desain aplikasi membutuhkan pemikiran yang kritis. Hal tersebut beriringan dengan munculnya teknologi untuk memudahkan manusia, contohnya pada kesehatan mental. Proses penciptaan inovasi baru untuk dapat memecahkan masalah dalam produk aplikasi baru pada penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Design thinking ialah teknik yang berfokus mencari solusi dalam menyelesaikan masalah. Hasil wawancara tahap empathize diperoleh 35 orang dengan kegiatan yang monoton dan sering mengalami overthinking. Untuk mengatasinya, diadakan pengembangan aplikasi dalam memecahkan masalah kesehatan mental, yaitu prevent. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berkonsultasi masalah mental pada ahlinya, yaitu psikolog, sehingga masyarakat lebih peduli akan kesehatan mental. Kemudian, tahapan pengujian dengan moderated usability testing mendapatkan SEQ 5 dan 6 yang berarti dapat mengatasi masalah yang terjadi dan bersifat user friendly.

Kata kunci: Teknologi, Kesehatan Mental, Prevent

Abstract

The process of designing applications requires critical thinking. They are coupled with the advent of technology to make it easier for humans, such as mental health. The process of creating new innovations to solve the problem in the new applications of this research employs a method of design thinking. Design thinking is a technique focused on finding solutions to problem solving. The emphatize stage interview results from 35 with monotonous activity and frequent overthinking. To counteract this, there is the development of applications in solving mental health problems, which are autism. This app may be used to consult mental problems in professionals, psychologists, and society's interest in mental health. Then, the testing stages with moderated usability testing get seq 5 and 6 which means that we can overcome the problem of being user friendly.

Keywords: technology, mental health, prevent


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas†Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

K

omputer, J. S., Aulia, S., Syahidin, Y., Informasi, S. S., Piksi, P., & Bandung, G. (2023). Perancangan UI / UX dengan Metode Design Thinking Pada Shoekuna Shoe Laundry Berbasis Mobile. 7, 211–219.

Madawara, H. Y., & Tanaem, P. F. D. H. B. (2022). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 504–511.

Naufal, M., Faruq, M. A.-, Aufan, M. H., Islam, U., & Walisongo, N. (2022). Perancangan Ui / Ux Semarang Virtual Tourism. 4(1), 43–52.

Pramudita, R., Arifin, R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 149–154. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542

Pratama, M. A. D., Ramadhan, Y. R., & Hermanto, T. I. (2022). Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(4), 980. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i4.4442

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549

Ridha, A., Siagian Putri, P., Roro, R., & Ningtyas, M. A. (2023). Transformasi Kesehatan Mental : Tantangan dan Upaya Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi COVID-19. 6(1), 37–44. https://doi.org/10.32832/pro

Septianingrum, Z., & Nadia, Z. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi “Impruv†Sebagai Akses Digital Layanan Kesehatan Mental. Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour, 1(2), 60. https://doi.org/10.36262/dpj.v1i2.637

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Simposium Nasional RAPI XVIIII FT UMS, (pp. 364–370).

Wahdi, A. E., Wilopo, S. A., & Erskine, H. E. (2023). 122. The Prevalence of Adolescent Mental Disorders in Indonesia: An Analysis of Indonesia – National Mental Health Survey (I-NAMHS). Journal of Adolescent Health, 72(3), S70. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2022.11.143

Widiatmoko, D. T., & Utami, B. S. (2022). Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani). Aiti, 19(1), 120–136. https://doi.org/10.24246/aiti.v19i1.120-136

Wijaya, D. Y., Psi, M., Puskesmas, P., Baru, K., & Dki, J. (2019). Kesehatan Mental di Indonesia : Kini dan Nanti. Buletin Jagaddhita, 1(1), 1–4. https://ugm.ac.id/id/berita/9715-%0Ahttps://buletin.jagaddhita.org/es/publications/276147/

Yusrani, K. G. (2023). Tinjauan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia : Menuju Pencapaian Sustainable Development Goals dan Universal Health Coverage. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.26760/mindjournal.v8i2.130-141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323  |  ISSN (elektronik) :  2528-0902

diterbitkan oleh:

Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 2 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 181)  Fax. 7202892

Email : mind.journal@itenas.ac.id

____________________________________________________________

Statistik Pengunjung :

Flag Counter

  Web
Analytics Statistik Pengunjung

 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License