Evaluasi Aplikasi Aksara Sunda Mobile menggunakan API Gesture
Sari
ABSTRAK
Aksara sunda merupakan kebudayaan yang hampir terlupakan di kalangan anak-anak ataupun remaja milenial dan generasi Z, belum banyaknya media interaktif yang menjadi trigger dalam belajar aksara, sehingga aksara Sunda kurang diminati, sehingga objek yang diangkat dalam penelitian adalah aksara sunda. Pemanfaatan API Gesture dengan media android dalam aplikasi aksara sunda menjembatani pembelajaran yang interaktif dan komunikatif sehingga menjadi daya tarik bagi pengguna khususnya usia sekolah. Materi pada aplikasi menampilkan sejarah dan filosofi aksara Sunda, aksara ngalagena, rarangken, swara, aksara rekaan, angka, serta evaluasi. Secara keseluruhan menyatakan rata-rata kualitas aplikasi adalah 3.59 point atau sebesar 89.83% yang memenuhi aspek uji kehandalan sebesar 91.67%, uji kebergunaan sebesar 88.33%, uji efisiensi sebesar 90.83%, uji fungsionalitas sebesar 85.25% dan uji umum sebesar 92.50%.
Kata Kunci: aksara sunda, API gesture, interaktif, pola
ABSTRACT
The Sundanese script is a culture that has been almost forgotten among millennial and generation Z children or youth, not many interactive media have become triggers in learning the script, so that the Sundanese script is less attractive, so the object raised in this research is the Sundanese script. Utilization of the Gesture API with Android media in the Sundanese script application bridges interactive and communicative learning so that it becomes an attraction for users, especially school age. The material in the application displays the history and philosophy of the Sundanese script, the ngalagena script, rarangken, swara, fictional script, numbers, and evaluation. Overall stated that the average application quality is 3.59 points or 89.83% which fulfills the reliability test aspect of 91.67%, the usability test is 88.33%, the efficiency test is 90.83%, the functionality test is 85.25% and the general test is 92.50%.
Keywords: sundanese script, API gesture, interactive, pattern
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akhmadi. (2018). Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Library Android Gesture Recognition dengan menggunakan Rule Base. Malang: Fakultas Sanins dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hadi, R. S., & Putri, R. D. (2018). PENERAPAN METODE API GESTURE DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SANDI MORSE (RUMPUT) BERBASIS ANDROID. JANAPATI - Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika , 7(2), 192-201.
Hakim, M. H., Irmawanto, R., & Poniman. (2021). Rancang Bangun Wastafel dan Portal Otomatis dengan Mempertimbangkan Antropometri Guna Mencegah Penularan Covid-19. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 4(1), 29-36.
Lailela, S. N., & Kusumadiarti, R. S. (2018). PENGUKURAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK APLIKASI SISFO_NILAI DI POLITEKNIK PIKSI GANESHA BERDASARKAN ISO 9126. Jurnal E-KOMTEK (Elektro-Komputer-Teknik) , 84-100.
Pangaribuan, H., & Jarti, N. (2017). Jurnal ISD Vol.2 No.2 Juli -Desember 2017 pISSN APLIKASI PENGENALAN AKSARA BATAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN API GESTURE. Jurnal ISD, 110-121.
Prabowo, D. Y., Supraptono, E., & Safi’i, R. (2017). EFEKTIVITAS APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN API GESTURE UNTUK MENGENAL AKSARA KOREA. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 74-80.
R, R. T., Sari, S. K., & Utomo, H. P. (2017). Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Pada SDN Cicinde Utara 1 Banyusari Karawang. Jurnal Teknologi Informasi, 267-276.
Sahbana, A., & Murtako, A. (2016). APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7(1), 11-15.
Setiaji, S., & Sastra, R. (2021). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 7(1), 106-111.
Setiawan, A. (2018). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA MENGGUNAKAN API GESTURE DAN API VOICE RECOGNITION BERBASIS ANDROID. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.
Siren, V. A. (2018). EVALUASI KUALITAS PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN ISO/IEC 9126-4 QUALITY IN USE. Malang: Universitas Bramawijaya.
Sundari, J. (2016). Melestarikan Aksara Sunda Dengan Aplikasi Multimedia. Jurnal Evolusi, 4(2), 28-32.
Supriyono, K, V. A., Kadir, N., Febriana, J., Rahayu, E. P., & T, H. P. (2019). Penerapan ISO 9126 Dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak pada E-book. MATICS : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi , 9-13.
Tim Unicode Aksara Sunda . (2018). Direktori Aksara Sunda untuk Unicode. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Wardani, P. T. (2015). RANCANG BANGUN APLIKASI BACA TULIS HURUF HIRAGANA MENGGUNAKAN API GESTURE BERBASIS ANDROID. Malang: Universitas Malang.
Yuliyanti, S., Irnawan, H., & Hasni, S. (2017). APLIKASI SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) PRAMUKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN USER EXPERINCE (UX). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 6(2), 36 - 44.
Zaliluddin, D., Sujadi, H., Nurdiana, N., & Hendriyanto, F. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI BELAJAR AKSARA SUNDA BERBASIS ANDROID. Jurnal J-Ensitec, 06(02), 443-440.
DOI: https://doi.org/10.26760/mindjournal.v7i2.218-228
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
____________________________________________________________
ISSN (cetak) : 2338-8323 | ISSN (elektronik) : 2528-0902
diterbitkan oleh:
Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
Alamat : Gedung 2 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Kontak : Tel. 7272215 (ext. 181)Â Fax. 7202892
Email : mind.journal@itenas.ac.id
____________________________________________________________
Statistik Pengunjung :
Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.