Analisis Penalaan Kontrol PID pada Simulasi Kendali Kecepatan Putaran Motor DC Berbeban menggunakan Metode Heuristik

WALUYO WALUYO, ADITYA FITRIANSYAH, SYAHRIAL SYAHRIAL

Sari


ABSTRAK

Motor DC banyak digunakan di industri kecil dan besar.Kecepatan motor DC sering tidak stabil akibat gangguan dari luar maupun perubahan parameter dan torsi beban sehingga perlu dilakukan rancangan kontroler.Kontroler yang dirancang menggunakan PID yang terdiri dari tiga jenis cara pengaturan yang dikombinasikan, yaitu kontrol P (Proportional), kontrol I (Integral) dan kontrol D (Derivatif).Kontroler yang dirancang disimulasikan menggunakan perangkat lunak. Hasil simulasi menunjukan kontroler PID untuk kendali kecepatan motor DC ini menghasilkan kondisi robust (kokoh) saat nilai Kp = 1,1, Ti = 0,1, Td = 3,7. Hasil dari parameter kendali yang dirancang memiliki error steady state 0,99 % dan dengan settling time 3,7 detik pada rise time 2,00 detik dan nilai peak terletak pada 0,99. Kecepatan awal yang dihasilkan mendekati set point yang diinginkan pada detik ke 6 dan kecepatannya tidak ada penurunan atau tetap konstan sampai dengan detik ke 100.

Kata kunci: Motor DC, PID, Heuristik, Steady State, Rise Time

 

ABSTRACT

DC motors are widely used in small and large industries. Their speeds are often unstable due to interference from outside or change the parameters and load torque, so that it was necessary to design a controller. The controller was designed using a PIDconsists of three types of arrangements, which are mutually combined way, namely the control P (Proportional), control I (Integral) and control D (Derivative). The controllers were designed using software for simulation. The simulation results showed the PID controller for DC motor speed control produced robust conditionswhen the value of Kp, Ti and Tdwere 1.1,  0.1 and 3.7 respectively. The results of the control parameters had error steady state 0.99 % and the settling time of 3.7 seconds at 2.0 sec rise time and the peak value was 0,99. The resulted initial velocity was very fast to approach the desired set point in the sixth second and its speed was remain constant until 100thsecond.

Keywords: Motor DC, PID, Heuristic, Steady State, Rise Time


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chapman, Stephen.(1991). Electric Machinery Fundamentals edisi 2. United State : McGraw-Hill Companies.

Ogata, Katsuhiko.(1970). Teknik Kontrol Automatik Edisi 2 Jilid 1. Jakarta : Prentice Hall.

Ogata K. (1994). Solving Control Engineering Problems with MATLAB. Prentice Hall International, Inc : Prentice Hall.

Pittman. (2013). Buletin motor DC catalog GM 14900 type 1.

Shearer, J. Lowen. (1990). Dynamic Modeling and Control of Engineering Systems, Macmillan Publishing Company. New York : Prentice Hall Int.

Subrahmanyam, Vedam.(1994). Electrical Drives “Concepts and Aplications”, Tata McGraw-Hill Company Limited. New Delhi : McGraw-Hill Companies.




DOI: https://doi.org/10.26760/elkomika.v1i2.79

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________________

ISSN (cetak) : 2338-8323   |  ISSN (elektronik) : 2459-9638    

diterbitkan oleh :

Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Alamat : Gedung 20 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124

Kontak : Tel. 7272215 (ext. 206)  Fax. 7202892

Surat Elektronik jte.itenas@itenas.ac.id

_________________________________________________________________________________________________________________________

Terindeks 

________________________________________________________________________________________________________________________

Statistik Pengunjung 

Free counters!

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Lihat Statistik Jurnal

Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License